Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 17:25 WIB

Pulihkan Listrik di Palu, KESDM Minta Waktu 3 Hari

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 1 Oktober 2018 | 17:09 WIB

Berita Terkait

Pulihkan Listrik di Palu, KESDM Minta Waktu 3 Hari
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah fokus memulihkan pasokan listrik dampak gempa dan tsunami di Palu serta Donggala yang terjadi pada Jumat (28/9/2018).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andy Sommeng berjanji, listrik di lokasi bencana bakal pulih dalam tiga hari ke depan. "(Dalam waktu) tiga hari kami target mulai hari ini (listrik di Palu dan Doggala normal). Bandara baru nyala, pelabuhan juga baru nyala," kata Andy di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Andy mengatakan, kelistrikan pada daerah yang terdampak gempa dan tsunami saat ini masih dalam tahap perbaikan. "Tahap awal kami akan kirim portable genset PLN kita akan beresin listrik dulu, ada 200 lebih personil (PLN diperbantukan," ujar dia.

Menurut dia, genset menjadi pilihan karena beberapa gardu mengalami kerusakan. "Ada tujuh gardu iduk dua yang bisa jalan lima engga bisa jalan," kata dia.

Dalam kesempatan ini ia menyebut, sebelum bencana alam, Palu dan Donggala neraca dayanya sebesar 155 MW, dengan beban puncak 138 MW. Sehingga cadangannya sebesar 16,38 MW. "(Saat ini) 1,3 MW dan 95 MW jadi 96,3 MW yang bisa memasok dari biasanya 155 MW tapi itu sebentar lagi bisa penuhi lagi, ada genset," kata dia. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x