Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 20:35 WIB

DPR Sesalkan Freeport Lakukan PHK Sepihak

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 2 Oktober 2018 | 11:21 WIB

Berita Terkait

DPR Sesalkan Freeport Lakukan PHK Sepihak
Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi IX DPR RI menganggap PHK sepihak adalah masalah serius, sudah berkali-kali rapat membahas tentang hak-hak dasar pekerja.

Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi menegaskan, pihaknya akan terus berupaya menyelamatkan hak para pekerja.

"Ini kan memang serba sudut pandang yang berbeda. Tapi bagi kami, Komisi IX, yang paling penting adalah menyelamatkan para pekerja untuk mendapatkan haknya, itu terjadi di semua di bidang pekerjaan, tidak hanya Freeport saja," papar Dede usai menerima para pekerja PT Freeport Indonesia di ruang rapat Komisi IX, Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Komisi IX DPR RI menerima para pekerja PT. Freeport Indonesia yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak oleh PT. Freeport Indonesia. Para pekerja mengungkapkan masalah PHK sepihak mengakibatkan para anggota keluarga karyawan terlantar, bahkan PHK sepihak berimbas pada penolakan layanan Jaminan Kesehatan Nasional dari BPJS Kesehatan.

Dede mengetahui, meskipun kepentingan para pekerja yang di-PHK sepihak oleh Freeport tidak satu suara, ada beberapa pihak yang berbeda pandapat, tapi ia memahami, bahwa yang terpenting adalah hak normatif para pekerja harus diutamakan. Jika hak dasar para pekerja terpenuhi, maka setidaknya perekonomian masyarakat berjalan dengan baik.

"Karena konteks kami, kalau bapak-bapak bekerja bisa menghidupi anak, istri. Maka perekonomian berjalan dengan baik. Itulah harapan kita, pengangguran tidak ada. Jangan sampai pemerintah justru mendorong pengangguran," ungkap legislator dari Fraksi Partai Demokrat DPR RI seperti mengutip dari dpr.go.id.

Ia juga mengungkapkan, pada dasarnya, Papua itu salah satu wilayah yang sangat diperhatikan. DPR RI melalui fungsi anggarannya selalu mendukung pemerintah untuk pembangunan Papua. "Presiden Jokowi belakangan ini membangun berbagai bentuk pembangunan di Papua, itu tentu tidak akan terjadi kalau DPR tidak ngasih uangnya, kira-kira demikian," jelas legislator dapil Jawa Barat itu.

Komentar

x