Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 09:11 WIB

Menhub Harap Bandara Palu Layani Misi Kemanusiaan

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 2 Oktober 2018 | 20:05 WIB

Berita Terkait

Menhub Harap Bandara Palu Layani Misi Kemanusiaan
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap Bandara Sis Al-Jufri mulai dapat lebih efektif melayani penerbangan. Hal ini untuk meningkatkan produktivitas bandara yang menjadi pintu gerbang kota Palu.

Menhub menargetkan Bandara Sis Al-Jufri dapat melayani 40 pergerakan pesawat baik pesawat komersil maupun non-komersil guna misi kemanusiaan. Selain untuk mendukung mobilisasi logistik bantuan Menhub menyebut hal ini dilakukan untuk mendukung kebutuhan mobilisasi masyarakat baik yang akan masuk maupun keluar dari kota Palu dan sekitarnya yang terkena gempa disusul tsunami pada Jumat (28/9/2018).

"Kita harapkan paling tidak hari ini Bandara Sis Al-Jufri akan didarati 40 take off/landing baik dari komersial maupun dari TNI AU. Oleh karenanya berdasarkan komunikasi kami dengan airlines kami minta untuk secara intensif melakukan (penerbangan) itu karena banyak sekali penumpang-penumpang yang membutuhkan dari luar ke Palu maupun dari Palu keluar," kata Menhub Budi di Jakarta, seperti mengutip dari laman resmi Kemenhub.

Guna mendukung hal tersebut Menhub mengaku telah mendatangkan sejumlah tenaga Air Traffic Control (ATC) dari Makassar. Selain itu, Menhub menyebut telah mempersiapkan skenario untuk mendukung operasional bandara.

"Kalaupun terlihat bandara ini masih belum baik kami sudah menyiapkan suatu plan B dimana bagian teras kita gunakan untuk check-in dan proses safety tetap dijalankan sehingga fungsi-fungsi itu berjalan dengan baik, Insyaallah hari ini akan lebih produktif," ujar Menhub.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan ada tiga sisi Bandara Sis Al-Jufri yang mengalami kerusakan di Bandara Sis Al-Jufri yaitu runway yang mengalami keretakan sekitar 250 meter, rubuhnya tower navigasi, dan kerusakan plafon di terminal penumpang.

Pada kesempatan tersebut Menhub menargetkan pemulihan Bandara Sis Al-Jufri dalam waktu dua sampai dengan tiga minggu.

"Berkaitan dengan rekonstruksi dari terminal ini diperkirakan sudah bisa berfungsi normal 2 atau 3 minggu sehingga pada 2 atau 3 minggu yang akan datang operasi dari Bandara Sis Al-Jufri ini bisa berfungsi sesuai dengan biasa. Beberapa kontraktor sudah ke Palu untuk membantu kami melakukan recovery," jelas Menhub.

Komentar

x