Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 14:41 WIB

OJK Sebut Ekonomi Dunia sedang Goyang

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 4 Oktober 2018 | 15:49 WIB

Berita Terkait

OJK Sebut Ekonomi Dunia sedang Goyang
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kondisi perekonomian di dunia disebut tengah mengalami goncangan. Sehingga apa yang terjadi pada Indonesia disebut tidak terlepas dari kondisi itu.

"Sebagaimana diketahui bahwa perekonomian dunia sedang goyang. Hal ini sudah dikatehui bersama penyebabnya bukan dari dalam negeri. Lebih banyak karena faktor eksternal," kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Kebijakan bank central AS yang menaikan suku bunga juga ikut direspon oleh beberapa negara. Termasuk Indonesia yang juga menaikan suku bunga. Hal ini dikakukan untuk normalisasi atas kebijakan itu.

Kemudian, perang dagang antara AS dan China juga ikut membawa dampak negatif terhadap dalam negeri.

"Ini dampaknya sangat besar sehingga beberapa negara susuaikan kebijakan suku bunganya supaya investor portofolio mengurangi sentimen negatif ke pasar keuanhan suatu negara tersebut," kata dia.

Apabila Indonesia tidak menaikan suku bunga, maka dampak pada perekonomian akan lebih parah lagi. "Kalau AS naikkan (suku bunga acuan) tapi kita enggak kan para investor akan lari," kata dia.

Diketahui, hari ini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mencapai Rp15.173 per dolar AS. Ini adalah pelemahan rupiah dalam empat hari berturut-turut. [jin]

Komentar

x