Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 14:41 WIB

Rupiah Letoi, Bisa Ubah Postur APBN

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 4 Oktober 2018 | 17:33 WIB

Berita Terkait

Rupiah Letoi, Bisa Ubah Postur APBN
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Keuangan mengungkapkan, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS telah berdampak pada peningkatan penerimaan negara yang lebih tinggi dibandingkan dengan besaran belanja negara.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Suahasil Nazara mengatakan setiap saat pemerintah memonitor pergerakan rupiah yang berada dalam tren depresiasi. Karena perubahan rupiah akan berdampak pada postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Setiap kali rupiah melemah, penerimaan tentu meningkat dan belanja juga meningkat. Tetapi dampaknya, penerimaan meningkat lebih tinggi dari pada belanja," kata Suahasil di Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Dia mengungkapkan, pemerintah mampu mengelola anggaran negara yang terdampak pelemahan rupiah hingga menyentuh level Rp15.180 per dolar AS. "Dampak pelemahan rupiah sebenarnya tidak hanya mempengaruhi anggaran, tetapi keseluruhan ekonomi," ujar Suahasil.

Lebih lanjut, dia mengatakan secara teori, pelemahan nilai tukar mata uang akan mampu mendorong peningkatan ekspor. "Setiap kali rupiah melemah, ekspor akan mendapat peningkatan daya saing. Tetapi di saat yang bersamaan, impor juga akan lebih mahal," imbuhnya.

Sehingga, jelas dia, jika biaya impor lebih mahal, terutama bahan modal, maka dana untuk membiayai proyek infrastruktur juga akan lebih mahal. "Kami melihat semua dampak itu. Tetapi, kami yakin Bank Indonesia akan menjaga stabilitas rupiah," jelas Suahasil.

Komentar

x