Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 23:44 WIB

Penyaluran Kredit di Palu dan Donggala Rp16 T

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 4 Oktober 2018 | 18:51 WIB

Berita Terkait

Penyaluran Kredit di Palu dan Donggala Rp16 T
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, nilai penyaluran kredit di Palu dan Donggala mencapai Rp16 triliun. Angka ini didapatkan dari beberapa tempat yang terdampak bencana alam, gempa dan tsunami.

"Total penyaluran kredit di daerah Donggala, Sigi, Palu, dan Parigi Moutong sebesar Rp16,2 triliun," kata Wimboh saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018).

Dari nilai itu, penyaluran kredit di Donggala dan Sigi sebesar Rp233 miliar. Sayangnya, Wimboh tidak merinci tempat lainnya. "Di Donggala dan Sigi ada total kredit yang disalurkan Rp233 miliar," ujar Winboh.

Namun, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan angka pasti berapa nilai kredit yang terdampak gempa dan tsunami. Sampai saat ini, pihaknya masih melakukan perhitungan nilai kredit terdampak bencana yang menelan ribuan korban jiwa itu.

"Dampak sektor keuangan masih kami gali. Karena selalu berubah. Kami lagi hitung yang terdampak bencana," kata dia.

Hanya saja, dia meminta kreditur dan bank memberikan keringanan kepada warga terdampak bencana. Yakni, memberikan kelonggaran cicilan dan membebaskan denda keterlambatan bayar.

"Intinya memberikan kemudahan. Sebab, kami ada POJK nomor 45 tentang perlakuan khusus bank daerah tertentu bagi korban bencana alam," ujar Wimboh. [jin]

Komentar

x