Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 09:06 WIB

Investasi di Palu, Saudara Tua tak Surut Janji

Senin, 8 Oktober 2018 | 08:10 WIB

Berita Terkait

Investasi di Palu, Saudara Tua tak Surut Janji
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Palu - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengapresiasi pengusaha Jepang yang teguh berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Meski terjadi bencana gempa dan tsunami di daerah itu, investasi jalan terus. "Tentunya kami mengapresiasi investor yang tetap mau investasi," kata Airlangga usai berdialog dan meninjau sentra produksi dan penjualan industri kecil menengah (IKM) cokelat di Palu, Minggu (7/10/2018).

Dalam dialog tersebut, Presiden Direktur PT Bangun Palu Sulawesi Tengah Mulhanan Tombolotutu sebagai pengelola KEK Palu menyampaikan bahwa PT Hashimoto Gemilang Indonesia tetap akan berinvestasi di kawasan tersebut pascagempa bumi dan tsunami.

"Kami sudah sampaikan telah terjadi bencana di Palu. Tapi mereka tidak peduli, mereka tetap akan berinvestasi dan membangun industri di sini," ujar Mulhanan kepada Menperin.

Ia memaparkan bahwa investor asal Jepang tersebut akan membangun industri chips yang akan digunakan sebagai bahan baku pembangkit listrik yang berasal dari cangkang sawit. "Mereka akan ekspor produknya ke Jepang. Nilai investasinya belum tahu, mereka juga menggandeng Astra," ungkap Mulhanan.

Menurut Mulhanan, investor asal Jepang tersebut bersedia tetap berinvestasi karena mereka percaya bahwa bencana tersebut merupakan siklus 50 tahunan, dan apabila bangunan di sekitar KEK Palu dibangun kembali dengan konstruksi lebih baik, maka dapat tahan gempa hingga 7 skala Richter. "Mereka percaya ekonomi pascabencana justru akan lebih cepat tumbuh," tukas Mulhanan. [tar]

Komentar

x