Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 17:24 WIB

Kampanye Hitam LSM

Greenpeace Indonesia Klaim Legal & Tak Anti Sawit

Oleh : Iwan purwantono | Selasa, 9 Oktober 2018 | 16:30 WIB

Berita Terkait

Greenpeace Indonesia Klaim Legal & Tak Anti Sawit
Kepala Greenpeace Indonesia, Leonard Simanjuntak - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Dituding sebagai LSM asing yang anti sawit Indonesia, Greenpeace Indonesia tak terima. Organisasi ini mengaku tidak memiliki afiliasi asing. Jadi tidak perlu terdaftar di Kementerian Luar Negeri.

Dalam rilis di Jakarta, Selasa (9/10/2018), Kepala Greenpeace Indonesia, Leonard Simanjuntak, menegaskan bahwa Greenpeace Indonesia bukanlah lembaga ilegal.

Dia katakan, Greenpeace Indonesia didirikan oleh seluruhnya warga negara Indonesia dan merupakan sebuah perkumpulan (ormas) Indonesia sebagai Badan Hukum Perkumpulan Masyarakat Pecinta Lingkungan dan Damai Asia Tenggara-Indonesia.

"Jadi, PP No 59/2016 tentang Pendaftaran Ormas Asing tidak mengatur Greenpeace Indonesia. Greenpeace Indonesia terdaftar di Kemenhuk dan Ham sebagaimana Ormas Indonesia lainnya. Berdasarkan akta pendirian No 1 tanggal 1 maret 2006 dan akta perubahan No 10 tanggal 25 Maret 2009. Disahkan dihadapan notaris Isitiaty Aisyiah Soepono," paparnya.

Sementara Kiki Taufik, Kepala Kampanye Hutan Global, Greenpeace Indonesia mengklaim tidak pernah anti sawit Indonesia. "Sejak awal, kami tidak pernah anti sawit. Kami percaya bahwa minyak sawit sangat penting bagi petani dan ekonomi Indonesia. Sehingga harus dipertahankan," jelasnya.[ipe]

Komentar

x