Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 11 Desember 2018 | 12:53 WIB

Siapa KKKS Siap Jual Minyak ke Pertamina?

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 9 Oktober 2018 | 20:43 WIB

Berita Terkait

Siapa KKKS Siap Jual Minyak ke Pertamina?
Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Energi, dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuat kebijakan minyak bagian Kontraktor Kontrak Kerja Sama atau KKKS harus dibeli Pertamina.

Lalu bagaimana implementasinya? Dikonfirmasi hal ini Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar menyebut sudah ada KKKS yang sepakat untuk menjual minyaknya kepada Pertamina.

"Yang saya dapat laporan dari BP (British Petrolium) sudah OK," kata Archandra di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Namun, dia tidak merincikan KKKS mana lagi yang bersedia menjual jatah minyaknya pada Pertamina.

Kemudian, terkait dengan masalah perpajakan pembelian minyak bagian KKKS, instansinya sudah melakukan pembahasan dengan Kementerian Keuangan. Menurut dia, ada peraturan perpajakan yang akan diubah untuk melacarkan pembelian minyak bagian kontraktor oleh Pertamina.

"Yang masalah perpajakan, surat dari Kemenkeu sudah kita terima sudah dibahas juga apa impact nya dari sisi perpajakan," tuturnya.

Sebelumnya pelaksanan pembelian minyak mentah bagian KKKS oleh Pertamina, ditetapkan dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 42 Tahun 2018, tentang prioritas pemanfaatan minyak bumi untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri. Penyelesaian transaksi pembelian minyak bagian kontraktor oleh Pertamina dilakukan secara bisnis.

"Pertamina silahkan dekati KKKS secara business to business," ujar dia. [hid]

Komentar

x