Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 22 Oktober 2018 | 13:51 WIB

Era Industri 4.0

UBSI Siap Terapkan Konsep Universitas 4.0

Rabu, 10 Oktober 2018 | 12:32 WIB

Berita Terkait

UBSI Siap Terapkan Konsep Universitas 4.0
(Foto: Inilahcom/Ahmad Munjin)

INILAHCOM, Jakarta - BSI yang saat ini telah bertransformasi menjadi Univeritas Bina Sarana Informatika (UBSI), menggelar seminar tentang konsep dan strategi pengelolaan perguruan tinggi menghadapi era disruptif, Selasa (9/10/2018).

Ketua BPH Yayasan BSI Naba Aji Notoseputro, menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk merumuskan dan menentukan arah dari transformasi BSI menjadi UBSI.

"Selama 30 tahun kami telah berpengalaman dalam pengelolaan perguruan tinggi, namun perubahan era saat ini yang berkembang secara masif menuntut kami untuk berubah menjadi lebih baik di berbagai lini, termasuk konsep metode pembelajaran dalam universitas 4.0 sebagai kesiapan untuk menghadapi era industri 4.0," kata Naba di sela kegiatan, di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Naba menambahkan, tentunya ini tidak hanya pekerjaan baru bagi Rektor UBSI, Moch. Wahyudi bersama jajarannya. Tetapi juga, semua pihak yang berperan aktif dalam mengelola UBSI, baik dari Yayasan BSI hingga dosen, staf maupun mahasiswa.

"Sudah waktunya, UBSI untuk berubah, baik dari kurikulum maupun metode pembelajaran. Ini sebagai tuntutan era yang telah berubah sangat cepat. Jepang saat ini telah memiliki konsep 5.0 karena untuk menghadapi perubahan yang cepat. Era saat ini membawa disrupsi yang luar biasa," tuturnya.

Untuk itu, di sini jajaran pimpinan UBSI bersama-sama memahami konsep dari metode pembelajaran 4.0 yang akan menentukan arah kurikulum UBSI ke depannya.

"Dengan demikian berharap dengan seminar ini, dapat memperoleh wawasan dan gagasan dalam merumuskan UBSI ke depan," harap Naba.

Rektor UBSI Moch Wahyudi mengatakan, materi yang disampaikan Prof. Marsudi Wahyu Kisworo memberikan wawasan dan arah bagi UBSI dalam mengembangkan konsep Universitas 4.0 yang tidak menutup kemungkinan akan segera diterapkan di UBSI.

"Saat ini, keadaan di seluruh dunia cepat berubah, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Suatu kebutuhan mendesak, bahwa UBSI harus berubah. Jika tinggal diam, maka akan tertinggal bahkan tergilas dengan arus disruptif," kata Wahyudi.

BSI saat ini sedang melakukan perubahan ke arah sana, seiring transformasinya sebagai Universitas. Ke depannya berharap kurikulum UBSI harus terintegrasi dan luwes sesuai dengan kebutuhan di era industri 4.0.

"Dengan adanya seminar ini, diharapkan dua tahun mendatang UBSI akan memiliki orientasi kurikulum baru mengacu kepada konsep universitas 4.0. Sehingga UBSI mampu menghasilkan lulusan berkompeten. Lulusan yang mampu menjadi technopreneur pada bidang start up, maupun ahli-ahli IT yang mampu menempati kedudukan strategis di perusahaan IT nasional maupun multinasional," kata Wahyudi. [jin]

Komentar

x