Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 14:43 WIB

Proyek Kereta Pare Pare Raih Jaminan Utang PT PII

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 10 Oktober 2018 | 13:01 WIB

Berita Terkait

Proyek Kereta Pare Pare Raih Jaminan Utang PT PII
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Satu proyek KPBU Kementerian Perhubungan yang akhirnya mendapat jaminan pembiayaan proyek melalui PT Penjaminan Infrastrktur Indonesia (PII) yaitu pembangunan jalur Kereta Api Makassar Pare Pare.

Penjaminan tersebut sebagai komitmen pembiayaan infrastruktur oleh beberapa BUMN di bawah Kementerian Keuangan dalam rangka mendukung proyek dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Beberapa menteri menyaksikan kesepakatan tersebut seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, Menkominfo Rudiantara dan Sekretaris Jenderal Kemenhub, Djoko Sasono yang merupakan inisiasi Kementerian Keuangan dan menjadi bagian dari kegiatan Annual Meeting IMF World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali seperti mengutip dari laman resmi Kemenhub.

Berdasarkan RPJMN 2015-2019, besarnya investasi yang dibutuhkan untuk sektor transportasi diproyeksikan mencapai Rp2.543 triliun. KPBU menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mencari pendanaan secara kreatif (creative financing), yaitu pembiayaan yang tidak tergantung pada APBN, dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia di tengah keterbatasan APBN yang ada.

Hasilnya, Melalui PT PII sebagai salah satu BUMN di bawah Kementerian, dapat memberikan penjaminan atas proyek infrastruktur pemerintah yang dikembangkan dengan skema KPBU.

"KPBU merupakan hal yang baru bagi Kemenhub dan pada saat ini kami sedang dalam tahap penerapan, kedepan proyek-proyek infrastruktur transportasi di dorong untuk menggunakan skema KPBU sehingga target pembangunan infrastruktur transportasi dapat tercapai," jelas Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono usai menyaksikan penandatanganan tersebut.

"Di tengah terbatasnya APBN, pemerintah mendorong pembiayaan pembangunan di sektor transportasi yang membutuhkan dana yang cukup besar namun tanpa membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Salah satunya yaitu melalui skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU)," tambahnya.

Komentar

x