Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 09:14 WIB

Dukung UMKM Tual, Pertamina Gelontorkan Rp1,4 M

Jumat, 12 Oktober 2018 | 16:27 WIB

Berita Terkait

Dukung UMKM Tual, Pertamina Gelontorkan Rp1,4 M
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Tual - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII, menyalurkan dana kemitraan untuk 42 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Tual, Maluku.

Acara penyerahan dana bergulir ini digelar di Grand Hotel Vilia, Kota Tual, Maluku, Jumat (12/10/2018). Hadir acara hadir Kepala Dinas Koperasi & UMKM Kota Tual, M Zein Matdoan, dan Sekretaris Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lisa S.

Secara simbolis, dana dukungan Pertamina terhadap UMKM di Kota Tual diserahkan Spv CSR SMEPP Marketing Operation Region VIII, Bagja Mahendra. "Sebagai Badan Usaha Milik Negara, Pertamina juga memiliki peran sebagai agen pembangunan negara dan di sisi lainnya, Pertamina memandang UMKM Kota Tual memiliki potensi untuk terus dikembangkan, modal usaha merupakan salah satu pemicu lahirnya ketahanan dan percepatan laju ekonomi daerah," kata Bagja.

Program Kemitraan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Pertamina sehingga menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam hal ini, Pertamina menyadari peran penting UMKM dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan bergeraknya ekonomi daerah. Secara kumulatif, Pertamina telah memberikan bantuan modal usaha kepada sekitar 2.462 UMKM di Papua, Papua Barat dan Maluku. Dengan bergabungnya 42 mitra dari Kota Tual, maka jumlah mitra UMKM Pertamina MOR VIII telah mencapai angka 2.504 mitra.

Sementara, Zein mengapresiasi langkah yang dilakukan Pertamina. Dirinya menyebutkan bahwa ekonomi Kota Tual sedang dalam fase awal pertumbuhan yang perlu diakselerasi. Tual telah menjadi destinasi wisata baru yang semakin mendunia, untuk itu dibutuhkan para pelaku UMKM yang kreatif agar mampu mendorong pertumbuhan pariwisata yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kota Tual.

Pertamina menggulirkan dana kemitraan di Kota Tual dengan proses evaluasi komprehensif. Selain letak operasi Terminal BBM Pertamina yang juga berada di kota Tual, potensi tingkat kolektibilitas juga menjadi faktor penting agar dana bergulir dapat dimanfaatkan UMKM di tempat lainnya. [ipe]

Komentar

x