Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 18:11 WIB

Tolak Ekspor Lobster, Susi Temui Pejabat Vietnam

Senin, 15 Oktober 2018 | 08:09 WIB

Berita Terkait

Tolak Ekspor Lobster, Susi Temui Pejabat Vietnam
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti geregetan dengan Vietnam yang rajin memborong bibit lobster dan lobster bertelur asal Indonesia. Khawatir lobster punah bu menteri?

Saat bertemu dengan Deputy Minister of Agriculture and Rural Development Vietnam, Hong Vn Thng di Bali, Susi mengingatkan Vietnam untuk menghentikan impor lobster asal Indonesia.

"Karena masih tingginya permintaan dari Vietnam, banyak pengepul Indonesia yang melakukan penyelundupan. Padahal kegiatan ini sangat mengancam keberlanjutan lobster di alam," ujar Susi dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (14/10/2018).

Susi mengatakan, bibit lobster asal Indonesia, belum bisa dikembangkan dengan sistem artificial breeding. Terkecuali lobster air tawar yang dapat dikembangkan dengan aquaculture. Dia juga mengingatkan, lobster yang boleh dibeli adalah yang berukuran di atas 200 gram per ekor, dan tidak dalam kondisi bertelur.

Akibat praktik ini, kata Susi, produksi lobster di Indonesia, menjadi minim. "Puluhan tahun lalu dalam satu tahun tangkapan lobster bisa mencapai puluhan ribu ton, namun saat ini tinggal sekitar satu ribu ton saja. Habis lobsternya," kata Susi.

Selain lobster, Susi tak ingin ikan sidat bernasib serupa. Apalagi, ikan sidat masuk Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora atau CITES. Hal tersebut dikarenakan pengambilan bibit yang membabi buta, sehingga membuatnya punah.

Mendengar hal ini, Hong berjanji, pemerintah Vietnam akan memberikan sosialisasi kepada daerah-daerah yang masih membeli bibit lobster. Janjinya, mereka akan diarahkan untuk berpindah ke usaha lainnya. [tar]

Komentar

x