Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 20:49 WIB

Program B20 Belum Maksimal, Minyak Sawit Menumpuk

Selasa, 16 Oktober 2018 | 11:53 WIB

Berita Terkait

Program B20 Belum Maksimal, Minyak Sawit Menumpuk
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Saat ini, industri minyak sawit menghadapi masalah besar yang cukup mengkhawtirkan. Yakni, persediaan menumpuk hingga lebih dari 5juta ton. Kondisi serupa terjadi pula di Malaysia. Walah.

Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), Kanya Laksmi, menerangkan, saat ini, banyak pohon sawit yang sudah mulai berproduksi. "Jadi jangan dianggap kenaikan produksi itu karena ada penambahan lahan," kata Kanya di Jakarta, Senin (15/10/2018).

Untuk memecahkan masalah ini, kata dia, Gapki sudah melakukan komunikasi dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI). Keduanya terus mencari jalan keluar atas tantangan tersebut.

Lalu bagaimana kebijakan biodiesel 20% atawa B20? Pihak Pertamina dan institusi lain yang terlibat dalam Program B-20, diharap segera menyerap itu sebesar-besarnya, agar stok minyak sawit yang menumpuk itu bisa segera menipis.

Laksmi bilang, tidak semudah yang diharapkan. Ada beberapa kendala, diantaranya dana. "Kalau soal dana, ada yang menyarankan agar memanfaatkan dana yang ada di Badan Pengumpul Dana Kelapa Sawit (BPD-KS), toh dana itu ada, agar stok itu cepat terserap. Tapi siapa yang harus meminta. Ini problemnya," katanya. [ipe]

Komentar

x