Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 06:31 WIB

ESDM: Tak Semua Blok Eksplorasi Laku Dilelang

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 16 Oktober 2018 | 14:09 WIB

Berita Terkait

ESDM: Tak Semua Blok Eksplorasi Laku Dilelang
Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah menutup lelang enam blok Migas. Tapi, dari enam blok Migas itu tidak semuanya laku dilelang.

Adapun Kementerian Energi saat ini memang melelang enam blok migas yang terdiri dari tiga blok migas eksplorasi dan tiga blok migas produksi.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, blok Migas yang diminati semua adalah yang sudah berproduksi.

"Blok terminasi laku semua," kata Djoko pada wartawan di Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Menurut Djoko, dari blok ekplorasi ada yang tidak laku. Namun dia tidak merinci blok ekporasi mana yang dimintai dan tidak. "Ekplorasi belumlah. Bukan ga laku," kata dia.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mengumumkan siapa yang menjadi pemenang dalam lelang enam blok migas ini. Namun dia belum merinci kapan waktu pasti pengumuman itu.

Adapun tiga WK yang langsung bisa prosuksi antara lain adalah, Blok Makassar Strait, Blok South Jambi B, dan Selat Panjang. Sementara yang masih eksplorasi adalah Banyumas, Andika Bumi Kita, dan South East Mahakam.

Adapun Makassar Strait awalnya adalah proyek laut dalam atau Indonesia Deepwater Development (IDD). Namun, belakangan Chevron enggan menjadi pengelola wilayah kerja itu lagi.

Chevron beralasan Makasar Strait sudah tak ekonomis. Proyek IDD awalnya terdiri dari tiga blok yakni Makassar Strait, Rapak dan Ganal.

Wilayah kerja Makasar Strait masa kontraknya akan berakhir di tahun 2020. Sementra South Jambi B masa kontraknya juga akan habis pada tahun 2020. Selat Panjang akan berakhir masa kontraknya pada tahun 2021. [jin]

Komentar

x