Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 16:21 WIB

BI Ramal Kredit Perbankan Melesat di Kuartal Akhir

Rabu, 17 Oktober 2018 | 07:09 WIB

Berita Terkait

BI Ramal Kredit Perbankan Melesat di Kuartal Akhir
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengklaim perbankan optimis akan pertumbuhan kredit baru melompat pada kuartal IV-2018. sesuai survei perbankan terbaru dari BI, Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Survei perbankan ini didapat dari sampel 40 bank umum dengan pangsa pasar kredit 80% dari total kredit. "Ini tercermin dari SBT kredit baru yang meningkat menjadi 94,8%," kata Agusman, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI.

Peningkatan kredit pada kuartal IV-2018 didorong tingginya optimisme responden, seiring pertumbuhan ekonomi yang masih kuat, risiko penyaluran kredit yang rendah, dan rasio kecukupan modal yang meningkat.

Perkiraan meningkatnya pertumbuhan kredit pada kuartal IV-2018, disertai standar penyaluran kredit yang akan lebih ketat. Hal ini tercermin dari Indeks Lending Standard sebesar 17,7%, lebih tinggi dari 3,8% pada periode sebelumnya.

Pengetatan penyaluran kredit terutama akan dilakukan terhadap kredit investasi dan kredit modal kerja, yaitu pada aspek plafon kredit, premi kredit yang berisiko dan jangka waktu pemberian kredit.

Di sisi lain, kebijakan penyaluran kredit konsumsi terindikasi masih relatif longgar, terutama pada kredit kepemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA) seiring kebijakan Bank Indonesia terkait relaksasi Loan To Value (LTV) kredit/pembiayaan perumahan. [tar]

Komentar

x