Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 20:40 WIB

Inilah Cara PLN Hemat Pemakaian Solar

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 23 Oktober 2018 | 19:01 WIB

Berita Terkait

Inilah Cara PLN Hemat Pemakaian Solar
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Perusahaan Listrik Negara (PLN) tengah putar otak menggurangi pemakaian solar pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Langkah ini agar neraca perdagangan tidak devisit lagi.

Direktur Perencanaan PLN, Syofvie Rukman menyebut saat ini tengah mengkaji PLTD bisa menggunakan 100% bahan bakar nabati atau minyak sawit. Artinya tidak menutup kemungkinan PLTD ke depan bisa memakai 100% minyak sawit atau CPO.

"Kami lihat ya, Ini sedang kami pelajari betul. Kami pelajari, apa mungkin nggak mengganti itu, atau mungkin nggak kita mengubah itu 100 persen (PLTD memakai CPO," kata Syofvie di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Kemudian, kata dia, PT PLN tengah menunggu proyek PLTD Nabati yang ada di Belitung. Proyek yang dikembangkan oleh Kementerian ESDM ini nantinya menjadi proyek pertama PLTD Nabati.


"Belitung itu kan lagi dibangun tuh sama ESDM. Akhir tahun ini kan kayaknya jadi. Jadi nanti detailnya setelah itu. Iitu makanya lagi kita liat. Coba nanti ya, akhir tahun kita liat establishnya kayak gimana," ujar dia.

Kemudian, lanjut dia, PLTD Nabati kedepan juga perlu diketahui detail jenis CPO yang seperti apa yang bisa digunakan. "Kami juga harus lebih tau kandungan CPO seperti apa yang cocok sama mesin," ujar dia.

Apalagi, kata Syofvie, hal ini juga berkaitan dengan investasi kedepan. Dimana ketika PLN mengetahui spesifikasi CPO yang seperti apa yang digunakan maka akan menentukan langkah PLN apakah akan memakai PLTD yang existing namun diubah, atau beli alat baru yang sesuai dengan jenis CPO nya. [hid]

Komentar

x