Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 09:07 WIB

Puspayoga Lepas Ekspor Kopi Perdana ke California

Sabtu, 27 Oktober 2018 | 02:09 WIB

Berita Terkait

Puspayoga Lepas Ekspor Kopi Perdana ke California
Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga melepas ekspor kopi perdana menuju California, Amerika Serikat (AS) - (Foto: Antara)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga melepas ekspor kopi perdana menuju California, Amerika Serikat (AS). Seiring ajang Rembug Kopi Nusantara.

Pelepasan ekspor kopi tersebut digelar di gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Jumat (26/10/2018), oleh Menteri Puspayoga didampingi Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi. "Kopi merupakan salah satu komoditas andalan yang sangat potensial untuk diekspor," kata Puspayoga.

Ke depan, Puspayoa mendorong petani dan pengolah untuk kopi semakin berorientasi ekspor. Ekspor perdana kopi Indonesia ke California diharapkan bisa menjadi motivasi bagi produsen kopi yang lain di Tanah Air.

Pihaknya mendorong dilakukannya konsolidasi para produsen kopi di Indonesia sehingga kemudian terinisiasi digelarnya acara
Rembung Kopi Nusantara.

Acara yang diadakan selama tiga hari ini, bertujuan untuk memberi ruang gerak kepada para pelaku KUKM di bidang perkopian untuk mengekpresikan potensi yang dimilikinya, mempromosikan hasil kreativitas mereka kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat akan semakin mengenal produk-produk kopi lokal berkualitas.

"Rembug Kopi Nusantara ini untuk mempromosikan potensi, keunggulan, dan citarasa kopi Indonesia yang sudah dikenal di mancanegara," kata Emilia dalam sambutannya di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta.

Ia memastikan, Rembug Kopi Nusantara menampilkan event yang paling lengkap dan terbaik terkait kopi.

Hal itu karena Smesco sebagai penyelenggara mengundang para petani kopi, konsumen, eksportir, pelaku UKM, dan ahli perkopian berkumpul dan bersinergi dalam rangka mengembangkan potensi perkopian Indonesia.

Smesco menyediakan 50 booth untuk UKM berpameran dalam RKN, yang terdiri dari 30 UKM produsen Kopi, 10 UKM Dessert, dan 10 UKM lainnya.

"Smesco RKN juga memberi pemahaman tentang dunia perkopian Indonesia kepada masyarakat luas, sehingga bagi para pengusaha skala mikro, kecil, dan menengah dapat memanfaatkan peluang usaha di bisnis kopi," papar Emilia.

Berbagai kegiatan menarik digelar pada RKN, mulai dari pengenalan perjalanan biji kopi menuju secangkir kopi yang siap diminum.

Pengetahuan cara membuat dan menyantap minuman kopi tiam atau kopi tarik, kopi arang atau kopi joss, yang khas di masing-masing daerah seluruh pelosok negeri juga mengenalkan seni barista dan teknik-teknik menyeduh kopi mutakhir sebagai bisnis kopi lokal yang modern. [tar]

Komentar

Embed Widget
x