Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 16:57 WIB

Investasi Sektor EBTKE Baru Capai 40%

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 26 Oktober 2018 | 19:57 WIB

Berita Terkait

Investasi Sektor EBTKE Baru Capai 40%
Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM, Rida Mulyana - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Investasi di sektor energi baru terbarukan dan konservasi energi (EBTKE) sampai kuartal III 2018 baru 40 persen atau senilai US$800 juta dari target senilai US$2,01 miliar.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM, Rida Mulyana dalam acara pemaparan empat tahun masa pemerintahan Jokowi-JK di sektor tersebut.

"Sampai Q3, baru capai 40 persen dari target. Lebih banyak investasi ada ditempatnya geothermal," kata Rida saat di kantornya, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Dia pesimis sampai akhir tahun ini investasi di sektornya bisa capai target. Padahal tahun 2018 tinggal beberapa bulan lagi. "Dengan panas bumi beroprasi sampai akhir tahun terealisasi 70 persen," kata dia.

Ia mengatakan, belum tercapainya target investasi karena beberapa faktor. Diantaranya tertundanya eksekusi proyek seperti pemboran geothermal atau panas bumi di Pertamina.

"Ini yang kemudian membuat capaian realisasi investasi panas bumi agak melamban," ujar Rida.

Kemudian, perusahaan panas bumi star energy, juga ikut melakukan penundaan pengenoran di tahun depan. Hal itu dikatakannya turut serta menghambat investasi pada sektor energi baru terbarukan. Dia berharap penundaan tidak lama.

"Hanya bergeser ditriwulan, mudah mudahan di akhir tahun," ujar dia.

Faktor lainnya dari Daftar Penyedia Terseleksi (DPT) belum dirilis oleh PT PLN. Dengan demikian sampai saat ini belum ada perusahaan yang melakukan proyek panas bumi. Dia berharap dalam waktu dekat PLN merilis DPT tersebut.

"Jangan sampai investasi (bisa) terhambat. Sudah sampaikan kapan DPT itu keluar. Karena waktu itu bilangnya September tapi belum keluar," kata dia. [hid]


Komentar

x