Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Januari 2019 | 11:02 WIB

ESDM Perpanjang IUPK Sementara Freeport

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 1 November 2018 | 15:58 WIB

Berita Terkait

ESDM Perpanjang IUPK Sementara Freeport
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembalk memberikan perpanjanban izin usaha pertambangan khusus (IUPK) sementara untuk satu bulan. Berlaku dari 1-30 November 2018.

"Perpanjangan IUPK Freeport sudah diperpanjang satu bulan ke depan, sampai akhir November," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (Biro KLIK) ESDM, Agung Pribadi, Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Menurut Agung perpanjangan diberikan karena proses divestasi 51% saham PT Freeport McMoran Inc. oleh PT Inalum belum selesai. Dengan perpangan ini diharapkan proses divestasi bisa selesai.

Proses ini masih menunggu pembayaran usai penandatanganan perjanjian pembayaran divestasi saham (Sales and Purchase Agreement/SPA).

"Sama seperti perpanjangan bulan-bulan sebelumnya ini pertimbangannya sambil menunggu proses pembayaran 51% selesai," ujar dia.

PT Indonesia Asahan Aluminimum (Inalum) akan membayar akusisi terhadap saham PTFI senilai Rp 3,85 miliar, pada November 2018. Sedangkan proses administrasi akan membutuhkan waktu enam bulan.

Menteri ESDM Ignasius Jonan sebelumnya mengatakan, setelah proses divestasi selesai, Freeport akan mendapatkan IUPK secara permanen demi kepastian investasi.

"Dengan ditandatanganinya perjanjian ini, Pemerintah akan menerbitkan IUPK dengan masa operasi maksimal 2x10 tahun sampai tahun 2041," kata Jonan.

Disisi lain, PT Freeport sampai saat ini belum selesaikan permasalahan lingkungan yang selama ini terjadi. [jin]

Komentar

x