Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 20:51 WIB

Jokowi Bangun Infrastruktur Bebas dari Politik

Oleh : M Fadil Djailani | Minggu, 4 November 2018 | 02:09 WIB

Berita Terkait

Jokowi Bangun Infrastruktur Bebas dari Politik
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak terima jika pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan pemerintahannya, memiliki muatan politik.
"Sebetulnya kalau saya mau orang politik ya bangun saja di Jawa karena 60% penduduk di Jawa, tapi pembangunan infrastruktur bukan hanya di Jawa," kata Jokowi saat menghadiri deklarasi Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) untuk Jokowi-Ma'ruf Amin di Fairmont Hotel, Jakarta, Sabtu (3/11/2018).
Menurut mantan Wali Kota Solo ini, mengelola sebuah negara tidaklah mudah. Sangat berbeda dengan mengelola perusahaan atau bisnis. Mengelola negara haruslah mengedepankan pemerataan dan keadilan. Bukan mengejar keuntungan semata.
"Pertumbuhan pasti akan meningkat lebih cepat tapi mengelola negara beda dengan bisnis, bukan urusan untung rugi tapi pemerataan. Bukan urusan ekonomi tapi persatuan," tambah dia.
Menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur yang sudah direalisasikan oleh pemerintah juga bukan pekerjaan yang mudah, apalagi banyak menyita waktu. Oleh karena itu, selama empat tahun memimpin, fokus pemerintahan kabinet kerja mempersatukan seluruh wilayah Indonesia dengan infrastruktur.
Selain persatuan, dengan infrastruktur juga pemerintah bisa mewujudkan pemerataan ekonomi. "Kita berhitung juga masalah pemerataan persatuan Indonesia bagaimana menyatukan negara sebesar ini. Infrastruktur landasan negara ini untuk bersaing dengan negara lain. Tantangan semakin berat," ujar Jokowi. [ipe]

Komentar

x