Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 05:39 WIB

OJK Tawarkan Nilai Tambah Bagi Perusahaan Ini

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 6 November 2018 | 16:15 WIB

Berita Terkait

OJK Tawarkan Nilai Tambah Bagi Perusahaan Ini
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK ) segera menerbitkan peraturan tentang Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi atau Equity Crowdfunding.

Dalam salah satu klausulnya, investor dapat menentukan perlu tidaknya laporan keuangan perusahaan pengalang dana untuk diaudit atau tidak.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Hoesen di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (6/11/2018).

"Bisa tidak diaudit, tapi tergantung investornya mau atau tidak. Seperti Obligasi jik ada investor yang tidak butuh audit ya tetap jalan," kata dia.

Ia menambahkan, laporan keuangan audit akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang akan menggalang dana melalui wahana Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi atau Equity Crowdfunding.

Dalam rancangan peraturan tersebut juga diatur bagi penyedia wahana Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi harus dapat mengkaji laporan keuangan dan meriviu prospek perusahaan yang akan menggalang dana tersebut.

Jelasnya, setiap penggalangan dana didasarkan kebutuhan pengembangan perusahaan. Misalanya suatu perusahaan membutuhan dana Rp6 miliar untuk membangun pabrik. Dana tersebut harus mampu diraih melalui wahana Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi. Jika target dana tidak tercapai, maka dana yang sudah terkumupul tersebut harus di kembalikan kepada investor. [hid]

Komentar

x