Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 05:35 WIB

Tahun Depan, Indonesia Punya Pabrik Ban Pesawat

Rabu, 7 November 2018 | 06:09 WIB

Berita Terkait

Tahun Depan, Indonesia Punya Pabrik Ban Pesawat
(Foto: Antaranew)

INILAHCOM, Tangerang - PT Garuda Maintenance Facilities AeoAsia akan membangun pabrik ban pesawat, menggandeng investor China, yaitu China Communication Construction Company (CCCC) dan perusahan ban asal Eropa atau Amerika Serikat. Rencananya tahun depan.

Direktur Utama GMF, Iwan Joeniarto saat konferensi pers di Tangerang, Selasa (6/11/2018), mengatakan penandatanganan sudah dilakukan dengan CCCC yang akan menyuntikan dana US$500 juta saat pertemuan IMF di Bali beberapa waktu lalu. "China ini investornya saja, pabriknya bukan dari situ, kemungkinan dari Amerika atau Eropa, pasti akan ada tiga pihak," katanya.

Iwan menjelaskan, GMF akan mengembangkan vulkanisir ban atau pelapisan dengan teknologi yang diadopsi dari pabrik asal Eropa atau Amerika tersebut. "Kita menggandeng pabrik pesawat terkenal di dunia yang sudah punya rating vulkanisir ban pesawat, jadi ban itu tidak diganti baru," katanya.

Namun, lanjut dia, tidak terbatas di ban saja, kerja sama juga akan dikembangkan untuk perawatan mesin dan komponen pesawat.

Dalam kesempatan sama, Direktur Bisnis dan Base Maintenance GMF Tazar Marta Kuniawan menjelaskan kerja sama dengan China bukan merupakan mitra strategis, melainkan pendanaan per proyek. "Nilainya macem-macam, banyak areanya runningnya enggak langsung 500 juta dolar AS," katanya.

Dia mengatakan tahun depan proyek pembangunan pesawat tersebut sudah bisa dimulai di Indonesia. "Insha Allah dijalankan di Indonesia," katanya. [tar]

Komentar

x