Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 05:39 WIB

Gegara Gagal Bayar, Asmawi Mental dari Jiwasraya

Rabu, 7 November 2018 | 07:07 WIB

Berita Terkait

Gegara Gagal Bayar, Asmawi Mental dari Jiwasraya
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian BUMN mencopot Asmawi Syam dari posisi direktur utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero), menunjuk Hexana Tri Sasongko sebagai penggantinya.

Pergantian ini tentu saja berkaitan dengan masalah finansial yang membelit asuransi pelat merah ini, Di mana, Jiwasraya mengalami gagal bayar polis jatuh tempo yang dipasarkan melalui kanal bank (bancassurance) senilai Rp802 miliar.

Pakar asuransi yang juga mantan Dirut PT Jamsostek (Persero), Hotbonar Sinaga, menilai, pergantian pucuk pimpinan harus menjadi momentum bagi bos anyar Jiwasraya untuk berbenah.

"Jiwasraya harus memenuhi regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan, khususnya terkait tata kelola perusahaan dan manajemen risiko. Selanjutnya perusahaan juga harus memperbaiki Risk Based Capital," kata Hotbonar.

Dia menyarankan, pimpinan Jiwasraya mau melakukan pertemuan dan pembicaraan kepada Direksi bank mitra Bancassurace. Mereka harus menjelaskan apa saja langkah-langkah untuk memenuhi kewajiban kepada nasabah bank tersebut.

Tidak cukup sampai situ, Direksi Jiwasaya juga harus memberikan kepercayaan kembali kepada karyawan perusahaan, yang kondisi psikologisnya terpengaruh atas masalah yang dihadapi Jiwasraya. Kemudian, Jiwasraya diminta untuk menjalankan bisnis investasi yang lebih berhati-hati.

Di samping itu, Hatbonar mengharapkan Jiwasraya menyetop penjualan produk asuransi yang memberikan imbal hasil terlalu tinggi, karena terlalu berisiko bagi kesehatan keuangan perusahaan. Penyetopan produk ini bisa dilakukan secara bertahap melalui pemberian diskon atau insetif. [tar]

Komentar

x