Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 05:36 WIB

Pertamina EP Dukung Pengendalian Sampah Plastik

Jumat, 9 November 2018 | 15:55 WIB

Berita Terkait

Pertamina EP Dukung Pengendalian Sampah Plastik
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Tabalong - PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) mendukung penuh program ketahanan energi nasional.

Sejalan dengan itu, PT Pertamina EP (PEP) menjalankan kegiatan operasional dengan menjalankan prinsip pilar People, Profit, dan Planet.

Melalui lapangan Asset 5 Tanjung Field, PEP menyelenggarakan seminar yang berjudul Kendalikan Sampah Plastik. Seminar ini bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong dan Perkumpulan Pusaka dalam rangka sosialisasi gerakan diet kantong plastik di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Kantong plastik sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari. Kantong plastik dipakai untuk menunjang aktifitas hidup manusia. Sifatnya yang ringan, kuat, dan kedap air membuatnya menjadi pilihan praktis untuk membawa barang. Terutama barang belanjaan. Namun pemakaian kantong plastik yang tidak terkendali sangat membahayakan lingkungan. Plastik beracun bagi lingkungan.

Hal ini sejalan dengan agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan (The 2030 Agenda for Sustainable Development/SDGs) yaitu merupakan kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup.

Di mana, SDGs terdiri atas 17 tujuan, salah satunya adalah Aksi Terhadap Iklim dengan cara bertindak cepat untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya, sehingga tujuan SDGs lainya dapat tercapai dengan menciptakan kota-kota serta pemukiman yang berkualitas, aman dan berkelanjutan.

Keterkaitan antara SDGs dengan seminar konversi kantong plastik ini adalah aksi mewujudkan tujuan pembangunan keberlanjutan dengan salah satunya adalah diet penggunaan kantong plastik. Diet kantong plastik yang dicanangkan pemerintah mengingatkan akan tingginya bahaya kantong plastik tersebut.

Acara yang berkonsep talkshow ini menghadirkan narasumber diantaranya Staff Ahli Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Manager Giant Supermarket Banjarbaru (Hero Group), dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong dengan dimoderatori dari Kepala Perkumpulan Pusaka Tabalong.

Acara ini mengundang seluruh lapisan masyarakat yang berada di Kabupaten Tabalong diantaranya, para pelaku usaha mini market, sekolah-sekolah adiwiyata, pelaku bank sampah, perusahaan, ibu rumah tangga, dan seluruh camat di Kabupaten Tabalong. PEP Asset 5 Tanjung Field berperan aktif dan mengajak masyarakat untuk peduli akan kondisi planet bumi tempat tinggal kita ini dengan juga memberikan kantong belanja pengganti plastik kepada seluruh peserta yang hadir.

"Kami mulai dari hal yang kecil untuk praktek ini seperti tidak lagi menyediakan minuman plastik saat meeting, sosialisasi dan pembagian botol minum kepada karyawan, membuat dan membagikan tas pengganti kantong plastik," terang Tanjung Field Manager, M Firdaus Sabaruddin. [ipe]

Komentar

x