Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 06:34 WIB

OJK Sedih Soal SDM di Era Digital

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Selasa, 13 November 2018 | 13:24 WIB

Berita Terkait

OJK Sedih Soal SDM di Era Digital
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai pemerintah Indonesia harus bergerak cepat dalam menyesuaikan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan perkembangan teknologi yang makin pesat saat ini, apalagi dunia luar sudah sangat siap menyambut industri 4.0 yang serba high technology.

"Diperlukan kemampuan sumber daya manusia yang memadai. Namun ironisnya, secara data dari BPS (Badan Pusat Statistik) sumber daya manusia kita punya kemampuan yang sangat rendah dan perlu ditingkatkan," kata Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida dalam sebuah Seminar Nasional Financial Sector 4.0 di Wisma Mulia, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Meski begitu, Nurhaida boleh bernafas lega, pasalnya ada sebagian SDM Indonesia yang memiliki kemampuan dalam menciptakan sebuah perusahaan rintisan atau starup, bahkan ada starup yang saat ini telah mendunia.

"Walaupun sumber daya manusia kita punya indeks yang rendah. Tapi ada generasi kita, meski jumlahnya tidak banyak, kapasitas mereka bagus dengan keberhasilan startup yang dibangun," lanjut dia.

Maka untuk tenaga kerja dengan kapasitas kemampuan yang terbatas, ditekankan dia, menjadi tugas bersama untuk bisa meningkatkannya. Dalam hal ini, Nurhaida juga meminta industri bisa berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan tenaga kerja.

"Itu tentu merupakan kewajiban bersama untuk bisa meningkatkan sumber daya manusia kita. Mengajak sekaligus industri yang mempunyai tenaga kerja untuk bisa mendorong kemampuan tenaga kerjanya," katanya. [jin]

Komentar

x