Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 06:37 WIB

Alhamdulillah, Tarif Setrum tak Naik Hingga 2019

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 14 November 2018 | 18:00 WIB

Berita Terkait

Alhamdulillah, Tarif Setrum tak Naik Hingga 2019
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin tak ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL) hingga 2019. Tak terpengaruh gonjang-ganjing dolar AS serta harga minyak dunia.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng mengatakan. Bahkan, kata dia, sejak 2017 hingga saat ini tarif listrik tidak berubah. "(tarif dasar listrik) sampai tahun depan nggak ada perubahan," kata Andy, saat menghadiri acara Indonesia Best Electricity Award (IBEA) ke 4, di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Nah, untuk meringankan beban PLN dalam memproduksi listrik, kata dia, akan dioptimalkan penyerapan sumber energi primer pembangkit listrik yang bersal dari dalam negeri. "Karena ada sumber daya alam yang, misalnya kontrak nggak ada, kalau dalam negeri ada kenapa nggak memberikan dalam negeri," ujarnya.

Gagasan lainnya agar tarif listrik tetap terjangkau dan biaya produksi listrik ringan, kata dia, yaitu dengan mematok harga gas maksimal khusus untuk sektor kelistrikan. Hal ini sudah diterapkan pada komoditas batubara yang dipatok maksimal USD 70 per ton.

"Kalau kita sebagai regulator ingin supaya jangan sampai masyarakat terbebani dengan harga listrik yang tinggi. BUMN juga tidak terbebani jai semua harus sehat," kata dia.[ipe]

Komentar

x