Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 06:29 WIB

Industri 4.0, KESDM Digitalkan Sistem Kelistrikan

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 14 November 2018 | 18:50 WIB

Berita Terkait

Industri 4.0, KESDM Digitalkan Sistem Kelistrikan
Direktur Jenderal‎ Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng mendorong digitalisasi sektor kelistrikan. Menyongsong revolusi industri 4.0.

Menurut dia, hal ini untuk menyesuaikan kemajuan teknologi ke arah industri 4.0. Jika hal tersebut telah diterapkan akan menciptakan efisiensi. Kemudian, kinerja sektor kelistrikan akan lebih optimal dari sisi kehandalan pasokan listrik.

"Penggunaan digitalisasi di sektor ketenagalistrikan, akan mampu memaksimalkan nilai nilai sektor di ketenagalistrikan," kata Andy, saat menghadiri acara Indonesia Best Electricity Award (IBEA) ke 4, di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Selain itu, penggunaan teknologi digital tidak hanya membawa dampak positif bagi perusahaan penyedian energi listrik, tetapi juga pada pelanggan listrik. Sebab penggunaan teknologi digital akan menciptakan efisiensi yang berujung pada tarif listrik yang terjangkau.

"Penggunaan digitalisasi di sektor ketenagalistrikan akan mampu memaksimalkan pengembangan sektor ketenagalistrikan, tidak hanya mampu meningkatkan performa keuangan, baik dari sisi keuntungan operasi, dan efisiensi modal, namun juga memberi nilai lebih kepada konsumen atas keterjangkauan harga," kata dia.

Menurut Andy, melalu forum Indonesia Best Electricity Award (IBEA) dapat memicu perusahaan kelistrikan dan energi, baik di tingkat lokal maupun global meningkatkan kualitasnya baik dari sisi teknologi, engineering maupun kualitas sumber daya manusianya.

IBEA memang dirancang untuk memberikan apresiasi kepada pelaku usaha terbaik di bidang pembangunan, pengelolaan, penyediaan listrik, baik dari sisi pembangkitan, transmisi maupun distribusi serta sub sektor lain yang terkait dengan industri ketenagalistrikan.

"Hal ini terus dilakukan agar semua lapisan masyarakat dapat menikmati listrik yang cukup dan merata sehingga roda perekonomian nasional dapat terus bergerak," ujar dia.[ipe]

Komentar

x