Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 19:20 WIB

Menkeu Ingatkan Fintech Bisa Punahkan Perbankan

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 15 November 2018 | 13:28 WIB
Menkeu Ingatkan Fintech Bisa Punahkan Perbankan
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom/Fadil Dj)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebut industri perbankan bakal senasib dengan hewan purbakala Dinosaurus yang telah punah, jika tidak mengikuti pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Sri Mulyani mengatakan hal tersebut dalam acara Indonesia Banking Expo (IBEX) 2018 yang diadakan Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) di Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Menurut Sri, ancaman kepunahan industri perbankan itu datang dari berkembang biaknya industri financial technology atau fintech.

"Perbanas bisa memahami perubahan teknologi dan mengabsorb sehingga bisa merembes ke seluruh sistem perbankan dan sektor keuangan. Sehingga mereka tidak mengalami nasib seperti dinosaurus dan punah," kata Sri Mulyani.

Lebih lanjut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan, meskipun disrupsi teknologi sudah sewajarnya dipandang positif, tetapi tidak bisa dipungkiri memiliki efek negatif yaitu semakin menjauhkan akses keuangan pihak-pihak yang belum terpapar penetrasi keuangan.

Sebab saat ini, indeks penetrasi keuangan berdasarkan data World Bank di Indonesia meskipun meningkat namun masih tertinggal dari negara lain. Saat ini, indeks penetrasi keuangan Indonesia sebesar 48%, meningkat dari posisi sebelumnya yang sebesar 36%.

"Masih ada 50% populasi penduduk Indonesia yang excluded (dari penetrasi keuangan). Kita juga masih tertinggal dari India. Padahal kita memiliki unicorn yang diakui oleh global," ujar Sri Mulyani. [hid]

Komentar

Embed Widget
x