Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 05:30 WIB

Transaksi Divestasi Saham Freeport Terganjal IUPK

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 16 November 2018 | 13:49 WIB

Berita Terkait

Transaksi Divestasi Saham Freeport Terganjal IUPK
Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin mengklaim pihaknya sudah mengantongi uang untuk mengakuisisi 51% saham PT Freeport McMoran Inc.

"Uang sudah siap. Kapan saja bisa," kata Budi Sadikin kepada wartawan, Jakarta, Jumat (16/11/2018).

Namun, kata dia, transaksi belum bisa dilakukan. Sebab, pihaknya sekarang ini masih menunggu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) kepada Freeport.

"Kapan transaksinya bisa realisasi? Begitu ESDM siap keluarin izin (IUPK), uang sudah ada," tegas Dirut Inalum, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta. Jumat (16/11)

Menurut dia, proses pembayaran saham PT Freeport Indonesia ke pemiliknya, Freeport McMoran akan digelar bersamaan dengan keluarnya IUPK. Itu juga dibarengi dengan kesepahaman antara pemerintah dengan Freeport menyangkut penyelesaian masalah lingkungan.

"Sama-sama lah, seharusnya waktunya berbarengan (pembayaran saham dan IUPK). Freeport mesti diskusi dengan ESDM dan lingkungan untuk bisa menyelesaikan urusan antara mereka. Nanti kalau udah selesai kita bayar, uang sudah ada," ujar dia.

Adapun belum dikeluarkannya IUPK oleh ESDM kepada Freeport karena sampai saat ini masih ada masalah lingkungan berupa limbah tailing yang belum diselesaikan oleh perusahaan asal Amerika Serikat itu. [jin]

Komentar

x