Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Maret 2019 | 06:04 WIB

Aduan Fintech Numpuk di YLKI, OJK ke Mana Ya?

Sabtu, 17 November 2018 | 05:09 WIB

Berita Terkait

Aduan Fintech Numpuk di YLKI, OJK ke Mana Ya?
Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi mengaku banyak mendapat aduan dari masyarakat, terkait Financial Techniology (Fintech).

Kata Tulus, masyarakat biasanya mengadu ke YLKI terkait tingginya suku bunga hingga soal teror yang dihadapi saat ditagih utang oleh penyedia jasa fintech. "Banyak sekali ya. Kita bahkan pusing menerimanya. Enggak usah tanya berapa, sudah banyak sekali," tegas Tulus di Jakarta, Jumat (16/11/2018).

Tulus menyebutkan, hingga 16 November ini, tercatat lebih dari 200 aduan yang masuk ke YLKI terkait fintech. "Ada 200-an terakhir ini. Ya bulan lalu kan seratusan, ini dua ratusan lebih. Kalau di LBH (Lembaga Bantuan Hukum) mereka mengatakan ada 700-an," kata Tulus.

Tulus menambahkan, ada juga konsumen yang melapor ke YLKI karena merasa data pribadinya disalahgunakan oleh penyedia layanan fintech.
Atas dasar itu, YLKI mendesak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menindak tegas para penyedia jasa layanan fintech yang melanggar aturan.

"Sekali lagi kami mendesak OJK untuk melakukan action yang lebih tegas untuk memblokir fintech yang tidak berizin tapi sudah beroperasi. Kedua, sanksi tegas fintech yang sudah berizin tapi melanggar ketentuan," ujar dia. [tar]

Komentar

Embed Widget
x