Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 06:30 WIB

Merpati Terbang Tunggu Saweran Direksi & Komisaris

Oleh : M Fadil Djailani | Sabtu, 17 November 2018 | 14:15 WIB

Berita Terkait

Merpati Terbang Tunggu Saweran Direksi & Komisaris
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ada cerita miris terkait payahnya kondisi keuangan PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). Untuk beli avtur saja, direksi dan komisaris harus saweran. Waduh ngeri betul ya.

Tak sedang bercanda, Said Didu mantan Komisaris Utama Merpati memaparkan pengalaman pahitnya itu. Ketika keuangan Merpati sedang krisis, beli bahan bakar avtur saja kesulitan. Apalagi untuk yang lain-lain.

Masih kata mantan Wamen Menteri BUMN ini, direksi dan komisaris bahkan harus kolekan untuk membayar tagihan avtur. Kalau duit cash sudah tidak ada, kartu kredit pun berguna. "Jam tiga sore kami selalu berkumpul. Kalau tidak ada pembayaran avtur maka kartu kredit kami satukan untuk membayar avtur. Sampai segitu lho, kita memperjuangkan agar Merpati tetap bisa eksis," kata Said dalam diskusi bertajuk 'Semoga Merpati Tak Ingkar Janji', di Atjeh Connection Sarinah, Jakarta, Sabtu (17/11/2018).

Pria asal Makassar ini mengatakan, langkah tersebut merupakan satu-satunya solusi. Kalau tidak, Merpati tidak bisa terbang, atau melanjutkan penerbangan. Karena tidak mendapat pasokan avtur dari PT Pertamina (Persero) yang sama-sama BUMN. "Jangan pernah berharap ada keistimewaan dari Pertamina. Enggak. Kalau enggak dibayar, ditutup," papar dia.

"Jadi kita kalau sudah terbang dari Papua, terus dia bilang Pak avtur di Makassar habis dan tidak ada uang untuk bayar avtur dan Pertamina pasti enggak mau isi. Maka kami kumpulkan semua kartu kredit kami untuk membayar supaya tetap bisa terbang ke Jakarta," tandasnya. [ipe]

Komentar

x