Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Maret 2019 | 06:02 WIB

Pekan Depan, ESDM Beri Sanksi Pembangkang B20

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 23 November 2018 | 13:15 WIB

Berita Terkait

Pekan Depan, ESDM Beri Sanksi Pembangkang B20
Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Djoko Siswanto - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian ESDM sudah mengantongi sejumlah pihak yang akan diberi sanksi terkait pembangkangan mandatory biodiesel 20%v atau B20.

Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Djoko Siswanto mengatakan, sanksi bisa segera diberlakukan. Bisa saja pekan depan sudah ada yang kena. Hal itu dikarenakan pihaknya sudah melakukan berbagai hal untuk melakukan evaluasi terkait B20 ini."Sanksi sudah ada, nanti Minggu depan kami umumkan," kata Djoko di Jakarta, Jumat (23/11/2018).

Namun Djoko belum mau mengungkap siapa pihak yang akan mendapat saksi. Adapun pihak yang bisa mendapatkan sanksi itu adalah penjual BBN atau yang memasok FAME sebagai campuran biosolar, serta pihak lainnya adalah penjual BBM-nya. "Nanti evaluasi dulu. Calonnya (yang kena sanksi) ada," tukasnya.

Sekedar diketahui, di Peraturan Menteri ESDM Nomor 41 Tahun 2018 tentang penyediaan dan pemanfaatan bahan bakar nabati jenis biodiesel dalam kerangka pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit, pemerintah menetapkan sanksi berupa denda Rp6.000 per liter sesuai kewajiban dan pencabutan izin usaha pada badan usaha yang tidak menjalankan kewajiban.

Pemerintah sendiri memang berharap banyak terhadap optimalisasi dan perluasan pemanfaatan B20 ini, karena ditargetkan penyerapan biodiesel untuk sektor PSO dan nonPSO 2018 sebesar 3,92 juta kL dengan proyeksi penghematan sekitar US$2 miliar pada sisa 4 bulan terakhir 2018. [ipe]



Komentar

x