Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 05:32 WIB

Ini Upaya Bea Cukai Beri Kepastian Investor

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 26 November 2018 | 07:50 WIB

Berita Terkait

Ini Upaya Bea Cukai Beri Kepastian Investor
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jember - Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Heru Pambudi menjelaskan untuk memberikan kepastian kepada sektor swasta yang membayar cukai maka pihaknya memusnahkan produk rokok tanpa cukai serta barang tegahan dari impor ilegal.

Pemusnahan barang hasil tindakan untuk periode 2016-2018 dilakukan kantor baru Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) C Jember Jawa Timur, Jumat (23/11/2018). "Langkah ini untuk memberikan kepastian kepada para pengusaha yang patuh membayar cukai dan mengikuti aturan sehingga jangan sampai ada pihak yang nakal kita biarkan sehingga merugikan para pihak yang sudah mengikuti aturan," jelas Heru Pambudi yang didampingi Bupati Jember, Faida dan Kapolres Jember, Kusworo Wibowo.

Barang tersebut berupa 1.415.608 batang rokok ilegal senilai Rp 959.113.980 dan 1.572 item barang tegahan seperti sex toys dan obat-obatan ilegal senilai Rp 124.541.334. Barang tersebut merupakan hasil tindakan hingga November 2018 dengan 32 kali penindakan yang terdiri penindakan cukai 27 kali dan tegahan barang kiriman pos 5 kali.

Kabupaten Jember, lanjut Heru, memiliki 11 pabrik rokok yang secara rutin memberikan pemasukan kepada negara. Bila di wilayah ini terdapat beberapa oknum yang tidak mengikuti aturan maka akan sangat merugikan mereka dan negara.

Pihaknya menjaga ketegasan untuk mengantisipasi pertumbuhan perekonomian yang pesat di daerah tapal kuda. Alasannya dengan pembangunan infrastruktur seperti jalan akan mempermudah akses transportasi. Hal ini mendorong penyebaran investasi swata di sekitar wilayah Jember, Situbondo dan Bondowoso yang menjadi area tugas kantor baru Bea Cukai Jember.

"Ini adalah langkah kepastian bagi investor dengan tindakan tegas sehingga investasi akan semakin meningkat. Pertumbuhan investasi di kawasan ini akan semakin naik sehingga kita harus mengantisipasi dari sisi penindakan sehingga ada kepastian bagi investor," jelasnya.

Demikian juga Bupati Jember, Faida yang sedang rajin mengundang para investor. Kepastian hukum bagi investor akan sangat memudahkan pemerintah daerah untuk menarik investor lebih banyak lagi. "Bagi pemerintah daerah Jember, Cukai adalah salah satu andalan selain coffe, cacao dan culture dalam membangun ekonomi Jember. Bila dari sisi cukai ada penindakan bagi yang nakal maka akan sangat menggembirakan karena ada rasa keadilan," jelasnya.

Komentar

x