Find and Follow Us

Jumat, 24 Mei 2019 | 01:13 WIB

Ini 8 Kiat Transaksi Kartu Kredit di e-Commerce

Senin, 26 November 2018 | 20:21 WIB
Ini 8 Kiat Transaksi Kartu Kredit di e-Commerce
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Siapa saja pasti tak bisa menolak tawaran e-commerce seperti belanjaonline dari Blibli.com. Bukan hanya karena harga murah dan promo menarik, transaksi yang mudah pun semakin meyakinkan banyak orang untuk mendapatkan produk yang mereka butuhkan dari e-commerce tersebut.

Blibli.com tentunya menyediakan lebih dari satu metode pembayaran untuk memperlancar transaksi. Salah satu opsi yang cukup sering digunakan adalah kartu kredit. Metode ini, selain cepat dan praktis, tak mengharuskan kalian untuk mengunjungi toko.

Bahkan sebagian besar bank di Indonesia memudahkan transaksi dengan kartu kredit lewat smartphone dan laptop. Begitu transaksi berhasil dan sukses, kalian tinggal menunggu barang sampai di rumah. Gampang banget, kan?

Walau demikian, berbelanja menggunakan kartu kredit memiliki sejumlah celah yang bisa dimasuki orang-orang tak bertanggung jawab. Tidak sedikit, lho, konsumen yang kena kasus penipuan sampai pencurian karena kurang hati-hati memakai kartu kredit. Jadi, supaya pengalaman belanja online murah di Blibli.com tetap terjamin, ikuti tip ampuh berikut ini!

1. Memastikan keamanan URL website

Mengetahui tingkat keamanan pada situs e-commerce yang kalian akses sebenarnya mudah. Salah satunya adalah URL yang berawalan https. Jika domain yang termuat tidak mencantumkan https di awal tautan, sebaiknya kalian cari toko online lain saja, deh.

Selain itu, pastikan juga e-commerce yang bersangkutan sudah tersertifikasi VeriSign (diwakilkan gambar gembok pada bagian kanan bawah situs web). Syukurnya, Blibli.com sudah memenuhi kedua kriteria ini, jadi transaksinya dijamin aman.

2. Proteksi dari anti-virus dananti-malware

Kemungkinan pencurian data kartu kredit di dunia maya dapat kalian tekan dengan menginstal program anti-virus atau anti-malware. Mengapa? Soalnya, virus maupun malware yang disebar hacker ini lebih mudah beraksi pada perangkat dengan proteksi lemah.

Bakal repot kalau semua data kalian dicuri dan bikin transaksi sukar dilakukan. Makanya, sebelum belanja online, instal anti-virus dan anti-malware terpercaya. Jangan lupa update secara berkala untuk meningkatkan perlindungan pada perangkat kalian.

3. Usahakan bertransaksi dari komputer sendiri

Tip berikutnya yang mungkin pernah kalian dengar adalah akses situs belanja online murah dari laptop, PC, atau ponsel sendiri. Perangkat seperti komputer umumnya dilengkapi software bernama keylogger yang akan merekam semua aktivitas hingga data penting dari kartu kredit.

Selain itu, hindari juga akses memakai wi-fi di lokasi atau tempat publik. Hacker akan lebih mudah mendapatkan informasi yang ingin mereka manfaatkan lewat jaringan umum. Sebaiknya pakai mobile data atau modem pribadi.

4. Selalu cetak dan simpan bukti pembayaran

Seperti halnya bertransaksi lewat ATM, membayar tagihan dengan kartu kredit pun menyertakan bukti pembayaran (receipt). Kalian mungkin menganggap receipt ini kurang penting, tetapi alangkah baiknya kalian menyimpan bukti tersebut sebagai bentuk antisipasi.

Beberapa merchant biasanya akan meminta bukti pembayaran ini untuk melanjutkan proses atau konfirmasi. Jika transaksi dengan produk yang bersangkutan mengalami kendala, receipt tadi bisa membantu kalian menyelesaikan masalah.

5. Pakai kartu kredit dengan pelayanan bermutu

Belanja online ongkir gratis di Blibli.com memang menyenangkan, tapi jangan sampai pembayarannya terhambat hanya karena kartu kredit kalian mendadak mengalami masalah.

Dalam hal ini, pelayanan dari bank yang bersangkutan menjadi poin yang perlu kalian perhitungkan sebelum memakai kartu kredit dari mereka. Jika pelayanan yang diberikan kurang maksimal atau malah lama, sebaiknya kalian segera hentikan pemakaian kartu kredit dan beralih ke bank lain.

6. Hindari transaksi kartu kredit dari ponsel

Meski sejumlah bank sudah merilis aplikasi untuk memudahkan transaksi melalui ponsel, kalian masih dianjurkan buat memenuhi pembayaran melalui laptop pribadi atau PC. Apalagi kalau aplikasinya sering crash atau mendadak nge-lag setelah kalian memasukkan informasi pembayaran.

Sementara lewat laptop atau PC dengan koneksi internet stabil, risiko transaksi tersendat atau berkendala jauh lebih kecil. Namun, sekali lagi, pastikan perangkat tersebut sudah diproteksi secara menyeluruh.

7. Pilah informasi yang dimasukkan dan yang tidak

Untuk memproses transaksi belanjaonline, biasanya ada empat informasi yang harus kalian masukkan. Antara lain nomor kartu kredit, kode keamanan (terdiri atas 3 atau 4 digit), tanggal kadaluarsa kartu, dan alamat buat pengiriman barang.

Di luar empat informasi tadi, tak ada data tambahan yang diperlukan pihak Blibli.com. Kalau seandainya kalian dapat surel yang meminta nomor kartu kredit, abaikan saja. Kalian juga bisa cross check ke pihak Blibli.com untuk memastikan keaslian alamat surelnya.

8. Jangan simpan data kartu kredit di online shop

Tidak sedikit pengguna online shop yang sengaja menyimpan data kartu kredit di akunnya supaya lebih cepat melakukan transaksi berikutnya. Padahal, kebiasaan tersebut berbahaya, karena peluang datamu dicuri lebih besar, terutama kalau akun kalian gampang dibobol hacker. Jika peramban atau browser yang kalian pakai meminta data disimpan, sebaiknya jangan diiyakan. Catat saja informasi privat tersebut di tempat lain yang tak dapat diakses secara online.

Mengapa belanja memakai kartu kredit di Blibli.com menguntungkan?

Nah, setelah mengetahui tip belanja online murah yang aman dan tepat, akan lebih mudah buat kalian menggunakan kartu kredit di situs Blibli.com. Ada sejumlah keuntungan yang bakal didapatkan, antara lain:

Potongan harga yang lebih melimpah

Beberapa bank menyediakan promosi khusus untuk nasabah dengan kartu kredit dan kesempatan ini lantas dimanfaatkan juga oleh e-commerce seperti Blibli.com. Kalian yang pecinta diskon pasti bakal sangat dimanjakan sama limpahan promo tersebut.

Di sisi lain, kalian juga perlu cermat mempelajari syarat dan ketentuan yang diajukan. Soalnya, beberapa promo hanya berlangsung dalam periode atau waktu tertentu. Hati-hati juga, ya, jangan sampai kebablasan dan bikin tagihan kartu kredit kalian membengkak gara-gara tak bisa mengontrol diri.

Kemudahan dalam layanan traveling

Bukan cuma menyediakan item-item seperti pakaian, perangkat elektronik, dan makanan, Blibli.com juga memperluas layanannya ke ranah traveling. Situs belanja online murah ini juga membuka loket buat kalian yang harus beli tiket pesawat, kereta api, dan keperluan lain yang berkaitan dengan traveling.

Lalu supaya transaksinya semakin praktis, opsi pembayaran memakai kartu kredit disediakan. Tidak sedikit, lho, maskapai dan hotel yang menyediakan potongan harga buat pemakai kartu kredit. Lumayan, kan, bujet traveling kalian jadi berkurang?

Promo spesial di hari-hari tertentu

Nasabah dengan kartu kredit juga paling sering mendapatkan promo-promo spesial pada hari-hari tertentu. Misalnya, pembelian televisi dengan diskon 10% khusus pada hari Kamis untuk pembelian memakai kartu kredit. Di Blibli.com sendiri promo sejenis paling sering ditemukan pada produk kategori perangkat elektronik dansmartphone.

Hanya saja, kalian perlu cermat memilih jenis promo yang akan diambil. Beberapa orang yang kurang bijak memakai kartu kredit cenderung boros karena membeli produk-produk yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Proses transaksi yang aman dan praktis

Seperti yang telah disinggung, belanja online ongkir gratis di Blibli.com dengan kartu kredit sudah aman berkat sertifikasi dari VeriSign. Domain dengan awalan https pada e-commerce ini juga merupakan bukti lain kalau mereka sangat melindungi kenyamanan pembeli selama bertransaksi.

Meski demikian, kalian tetap harus berhati-hati dan terus pastikan setiap informasi yang dimasukkan ke formulir sudah sesuai. Cek juga limit yang tersisa pada kartu kredit yang kalian miliki. Jangan sampai transaksi terhambat atau terpaksa batal karena masalah tersebut.

Bagaimana? Sudah tidak cemas lagi buat belanja memakai kartu kredit di e-commerce seperti Blibli.com? Semoga informasi ini juga membantu kalian nyaman melakukan transaksi saat belanjaonline di e-commerce tersebut, ya!

Komentar

x