Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 05:58 WIB

Forum G20

Menkeu: Negara Emerging Market Contohlah Indonesia

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 30 November 2018 | 10:57 WIB

Berita Terkait

Menkeu: Negara Emerging Market Contohlah Indonesia
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Buenos Aires - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia telah menyaiapkan beberapa strategi untuk menrik investasi jangka panjang yang berkelanjutan.

"Pertama, kebijakan publik harus dirancang secara baik dan stabil agar terdapat kepastian hukum dan investasi," kata Sri Mulyani dalam panel diskusi Forum G20 di Buenos Aires, Argentina seperti tertuang dalam keterangan tertulis Kemenkeu, Jumat (30/11/2018).

Kedua, lanjut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut adalah pemerintah harus dapat menjadi institusi publik yang dipercaya dengan reputasi yang baik.

"Ketiga, pemerintah harus memiliki dan menguasai risiko politik yang sering terjadi di negara berkembang," ucapnya.

Melalui ketiga hal tersebut, pemerintah dapat merancang instrumen dan kebutuhan atas Public Private Partnershi (PPP) untuk memenuhi kebutuhan atas pembiayaan infrastruktur.

"Negara emerging market bisa mereplikasikan apa yang sudah dilakukan Indonesia dengan berbagai invovasi tersebut," katanya.

Dalam rangka menarik investasi ke Indonesia, Sri Mulyani menyebut bahwa perekonomian Indonesia dalam keadaan baik dan menarik untuk investasi. "Pertumbuhan ekonomi stabil pada level 5,08% pada triwulan ketiga 2018, outlook inflasi selama tahun 2018 di bawah 3,5% dan tren investasi meningkat," ucapnya.

Meski begitu dirinya menambahkan, Indonesia masih menghadapi beberapa tantangan dan risiko global karena adanya peningkatan tensi perang dagang dan pengetatan likuiditas.

"Serangkaian startegi untuk menjaga stabilitas dan meningkatkan kompetisi untuk pembangunan yang berkelanjutan," katanya. [hid]

Komentar

x