Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 05:36 WIB

HUT Korpri, KLHK Bekali ASN Nilai-nilai Pancasila

Jumat, 30 November 2018 | 14:14 WIB

Berita Terkait

HUT Korpri, KLHK Bekali ASN Nilai-nilai Pancasila
Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar pembinaan pegawai sekaligus Resepsi Peringatan Hari Korpri ke-47, Kamis (29/11/2018). Kegiatan ini dalam rangka penyegaran Aparatur Sipil Negara (ASN) sekaligus memompa semangat para birokrat agar lebih giat bekerja melayani masyarakat dan mensukseskan pembangunan.

Dalam pembukaan kegiatan, Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono membacakan sambutan Menteri LHK yang menyatakan anggota Korpri harus terus melakukan inovasi-inovasi agar pelayanan publik bisa makin murah, makin cepat, dan makin baik. "Hilangkan berbagai kendala yang dapat mengurangi produktivitas dan menghambat percepatan laju pembangunan nasional," ujar Bambang

Menteri LHK melanjutkan, sesuai amanat Presiden, anggota Korpri haruslah menjadi aset bangsa, yang menjadi bagian dari solusi bangsa, dan bukan malah menjadi bagian dari masalah bangsa. Korpri adalah salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman.

Dalam kegiatan ini KLHK juga mengundang Yudi Latif, Phd mantan Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang saat ini menjadi Ketua Pusat Studi Islam dan Kenegaraan-Indonesia (PSIK-Indonesia) dan Direktur Eksekutif, Reform Institute untuk memberikan pembekalan kepada ASN KLHK tentang nilai-nilai penting Pancasila dalam menjaga persatuan Indonesia.

"Sebagai negara yang terdiri dari gugusan pulau-pulau yang memiliki keragaman baik dari wilayahnya maupun dari suku, ras dan agamannya, Indonesia membutuhkan satu titik temu nilai yang bisa menyatukan segala perbedaan itu. Titik temu itu adalah Pancasila," ujar Yudi.

Yudi Latif juga menyampaikan bahwa kaidah emas yang sangat penting untuk merawat persatuan Indonesia adalah gotong royong yang merupakan nilai utama dari Pancasila yang harus dipahami oleh seluruh rakyat terutama oleh para Birokrat.

"Kalau diperas, Pancasila itu menjadi gotong royong, mengapa demikian karena gotong royong mampu mengembangkan persaudaraan melintasi batas-batas perbedaan. Gotong royong ini merupakan kaidah emas," jelas Yudi

Ia menambahkan, nilai Pancasila sangat cocok dengan upaya menjaga lingkungan dan alam. Karena Pancasila tersusun dari penjabaran dari nilai-nilai yang bersumber dari hubungan manusia dengan tuhan (dunia atas), sesama (dunia tengah) dan alam (dunia bawah).

Acara Resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI ke 47 ini juga dimeriahkan dengan kehadiran salah satu diva musik Indonesia, Rosa. Diva penyanyi ini membawakan beberapa lagu untuk menghibur para birokrat di KLHK.

Rangkaian peringatan hari Korpri di KLHK sendiri sudah dilaksanakan mulai 21 November dengan menyelenggarakan berbagai macam kegiatan seperti donor darah, lomba catur, gaple, pengucapan ikrar Panca Prasetya Korpri, bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, futsal, basket, senam bersama, bazar murah, pasar rakyat hasil hutan bukan kayu, pengiriman personil pada MTQ Nasional, dan pemberian penghargaan Satyalencana Wira Karya kepada sembilan orang penerima. [*]

Komentar

x