Find and Follow Us

Senin, 17 Juni 2019 | 14:54 WIB

525 Tahun Tabanan, Pesta di Lumbung Beras Bali

Jumat, 30 November 2018 | 16:50 WIB
525 Tahun Tabanan, Pesta di Lumbung Beras Bali
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Tabanan - Ada yang berbeda dalam peringatan hari jadi Kota Tabanan Ke-525. Acara yang dilangsungkan di Gedung Kesenian I Wayan Maria, Kamis malam (29/11.2018) penuh haru dan bahagia.

Dalam acara ini dibuka dengan pemberian bea siswa serta bantuan oleh Bupati Tabanan, I Putu Eka Wiryastuti serta wakilnya, I Komang Gede Sanjaya, dan para undangan.

Hadir dalam acara tersebut Sekertaris Jenderal Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDT dan Transmigrasi), Anwar Sanusi serta Gubernur Bali, I Wayan Koster. "Acara HUT Kota Tabanan yang ke 525 kali ini memang sarat makna akan tema yang kami usung yakni Kluwung Pertiwi yang artinya, Indahnya keragaman dan kesejahteraan di dalam Tabanan," kata Eka.

"Di malam puncak, kami beri kejutan lelang bantuan kepada rakyat yang kurang mampu dan tepat sasaran. Dalam kesempatan itu pula, kami persilahkan tamu undangan untuk turut memberikan cinta kasih nya berupa bantuan secara langsung," papar Eka dalam rilis kepada media, Jumat (30/11/2018).

Eka berharap, acara pesta rakyat Tabanan ini membuat masyarakat semakin merasakan bahagia dan bangga sebagai warga Tabanan. "Hari ini adalah pesta rakyat, semoga di usia tabanan yang sudah 525 tahun ini, Masyarakat Tabanan semakin bangga dan mencintai Tabanan," papar Eka.

Sedangkan Ketua Pelaksana HUT Kota Tabanan Ke-525, I Wayan Miarsana menjelaskan, bantuan yang diberikan bertujuan agar masyarakat dan undangan yang hadir, turut merasakan kebersamaan dalam gotong royong. "Konsepnya kejutan lelang kasih, karena yang diberi bantuan sama sakali tidak mengetahui jika akan diberikan bantuan dan dipanggil langsung keatas panggung" ujar Miarsana.

Miarsana menyatakan, dalam lelang kasih tersebut, terkumpul bantuan langsung dari Gubernur Bali, Sekjen Kementerian DPT dan Transmigrasi, dan tamu undangan, lebih dari Rp15 juta. Ditambah bantuan tidak langsung berupa bea siswa, tabungan pendidikan, laptop, sepeda, serta peralatan sekolah senilai Rp50 juta.

Informasi saja, Kabupaten Tabanan merupakan salah satu dari 9 Kabupaten dan Kota di Provinsi Bali. Memiliki luas wilayah 839,33 kilometer-persegi, atau 14,90% dari luasBali. Seluas 23.358 hektar, atau 28,00% dari luas lahan Kabupaten Tabanan merupakan persawahan. Jadi, Kabupaten Tabanan dikenal sebagai daerah agraris.

Sebagaimana telah dimaklumi bersama, potensi unggulan Kabupaten Tabanan adalah bidang pertanian kerena sebagian besar mata pencaharian, soko guru perekonomian daerah, serta penggunaan lahan wilayah Tabanan masih didominasi bidang pertanian dalam arti luas.

Kabupaten Tabanan terdiri dari 10 Kecamatan (Kecamatan Tabanan, Kecamatan Kediri, Kecamatan Kerambitan, Kecamatan Selemadeg, Kecamatan Selemadeg Barat, Kecamatan Selemadeg Timur, Kecamatan Penebel, Kecamatan Pupuan, Kecamatan Marga, dan Kecamatan Baturiti). [tar]

Komentar

x