Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 05:29 WIB

Rizal Ramli Ingatkan

100% Investasi Asing di Bisnis Digital Itu Ancaman

Senin, 3 Desember 2018 | 10:11 WIB

Berita Terkait

100% Investasi Asing di Bisnis Digital Itu Ancaman
Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Era digital tidak hanya bisa menjadi berkah namun bisa pula menjadi musibah. Apabila pemerintah tidak memiliki visi dan strategi yang jelas untuk memanfaatkan momentum ini.

Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, sangat celaka apabila pemerintah Indonesia tidak memiliki visi dan strategi nasional yang kuat dalam memasuki era digital. "Jangan sampai, Indonesia hanya akan menjadi pasar digital dan online. Rakyat Indonesia jumlahnya sekitar 270 juta orang, jelas ini pasar yang sangat menarik," paparnya di Jakarta, Senin (3/12/2018).

Rizal mengkhawatirkan terjadinya dominasi bisnis digital oleh oligopoli Amerika Serikat (AS) dan China. "Harus mulai dipahami, selain kedaulatan teritorial dan udara, kita juga harus mempertahankan kedaulatan teritori digital Indonesia, sehingga bermanfaat utk kemakmuran bangsa kita," kata Rizal

Saat ini, lanjut mantan Menko Ekuin era Presiden Gus Dur itu, penetrasi digital dalam bisnis dan finansial di Indonesia, relatif masih rendah. Namun, dalam 5-10 tahun ke depan, bakal membesar. Karena, ya itu tadi, Indonesia memiliki 270 juta penduduk.

"Jumlah penduduk kita lebih besar dari seluruh negara di ASEAN. Kita ingin anak-anak muda Indonesia mendapatkan manfaat dari rantai nilai tambah ekspansi digital tersebut. Jadi, bukan sekedar jadi pasar dan konsumen," paparnya.

"Kita perlu mempertahankan kedaulatan teritori digital Indonesia, agar anak-anak muda Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari rantai nilai tambah ekpansi digital. Oleh karenanya, hati-hati dengan ide 100% pemilikan asing di bisnis digital, data interchanges, online contents, payment system dan sebagainya," tambah Rizal. [ipe]

Komentar

x