Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 06:04 WIB

Perpanjangan IUPK Sementara, Freeport Dimanja

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 4 Desember 2018 | 04:09 WIB

Berita Terkait

Perpanjangan IUPK Sementara, Freeport Dimanja
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali memberikan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sementara kepada PT Freeport Indonesia (PTFI/Freeport). .

Sama seperti sebelumnya IUPK kali ini juga bersifat sementara. IUPK ini berlaku selama satu bulan atau sampai akhir Desember 2019 ini. "IUPK sudah diberikan, diperpanjang selama sebulan, dari tanggal 1 Desember," kata Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, Jakarta, Senin (3/12/2018).

Adapun IUPK adalah syarat utama bagi Freeport untuk bisa melakukan ekspor konsentrat. Hal ini seperti yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2017 tentang kegiatan usaha pertambangan dan batu bara.

Status kontrak IUPK sementara diberikan pemerintah karena proses negoisasi perpanjangan kontrak dengan Freeport masih berlangsung. "Diberikan sambil menunggu proses penyelesaian divestasi," ujar Agung.

IUPK sementara diberikan karena proses transaksi divestasi 51% saham Freeport McMoran Inc oleh PT Inalum belum selesai. Sebelum PT Inalum melunasi pembayaran atas divistasi 51% saham PT Freeport McMoran Inc. senilai US$ 3,85 miliar, memang ESDM masih memberikan IUPK sementara. Sementara IUPK permanen akan dikeluarkan ESDM setelah Inalum melunasi semua pembayaran. [ipe]


Komentar

x