Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 05:58 WIB

Gara-gara KKB Papua, Pembagian LTSHE Tertunda

Selasa, 4 Desember 2018 | 18:18 WIB

Berita Terkait

Gara-gara KKB Papua, Pembagian LTSHE Tertunda
Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Andy Noorsaman Sommeng

INILAHCOM, Jakarta - Pembagian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di Papua harus tertunda. Lantaran ada aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia.

Sedianya pembagian LTSHE pada 13 Desember 2019, terpaksa harus ditunda lantaran penembakan pekerja proyek pembangunan jembatan di Trans Papua oleh KKB. "Saya mau ke sana tadinya mau bagiin lampu LTSE. Tapi kalau otoritas di sana bilang nggak, ya nggak bisa," Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Andy Noorsaman Sommeng, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Andy mengatakan, aksi penembakan KKB pada pekerja tersebut menggangu proses proses penyerahan LTSHE. Penundaan itu karena harus mengikuti ketentuan yang telah diatur pihak keamanan. "Kalau militer bilang enggak boleh, tunggu acc dulu. kalau sudah masuk wilayah militer, siapapun yang masuk ini berbahaya, mengancam," tuturnya.

Terkait pembangunan infrastruktur kelistrikan, Andy belum mendapat laporan pembangunan jaringan kelistrikan di wilayah Papua terganggu KKB. "Kebetulan yang di sana, ke arah pembangunan distribusi, belum ada laporan dari sana," kata dia. [ipe]

Komentar

x