Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 06:32 WIB

Candra: tak Ada Pemain Baru di Blok Sengkang

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 4 Desember 2018 | 19:59 WIB

Berita Terkait

Candra: tak Ada Pemain Baru di Blok Sengkang
Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah menandatangani kontrak Blok Sengkang, Sulawesi Selatan. Blok minyak dan gas bumi (Migas) ini kontraknya akan habis 24 Oktober 2022.

Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar mengatakan, Blok Sengkang bakal kembali dikelola Energy Equity Epic (Sengkang) Pty. Ltd. Perusahaan ini merupakan operator eksisting di blok tersebut.

"Blok Sengkang sudah tandatangan PSC-nya eksisting (yaitu) Energy Equity Epic Sengkang," kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Archandra menyebut, dari perpanjangan itu negara mendapatkan signatur bonus atau bonus tanda tangan sebesar USD 12 juta. Selain itu, perusahaan tersebut juga menaruh komitmen kerja pasti sebesar US$88 juta. "Sehingga totalnya senilai US$ 100 juta," ujar dia.

Dia menjelaskan, duit Komitmen Kerjasa Pasti pasti akan digunakan untuk eksplorasi blok migas terbuka. Selain itu perusahaan berencana melakukan studi bersama pencarian kandungan migas di Blok Karaeng yang berdekatan dengan Blok Sengkang. "Blok Karaeng sudah pernah ditawarkan, kita minta joint study studi lanjutan ke Sengkang, sehingga Komitmen Kerja Pasti naik jadi USD 88 juta," kata Arcandra.

Arcandra mengungkapkan, Blok Karaeng sempat dilelang pemerintah namun tidak ada yang memenangkan blok tersebut, pemerintah daerah pun telah meminta pemerintah pusat untuk melelang kembali. "Jadi saya ke Jeneponto melihat potensi Blok Karaeng, di situ pemerintah daerah meminta pemerintah pusat menawaran kembali blok ini," kata dia. [ipe]


Komentar

x