Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Maret 2019 | 00:36 WIB

Airlangga Tantang Hipmi PT Cetak Sejuta Pengusaha

Senin, 10 Desember 2018 | 08:09 WIB

Berita Terkait

Airlangga Tantang Hipmi PT Cetak Sejuta Pengusaha
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) semakin gencar mendorong tumbuhnya wirausaha industri baru, karena dapat berperan menggerakkan roda perekonomian nasional.

Sasaran ini perlu didukung perguruan tinggi dengan membuat kursus pendek atau lokakarya mengenai kewirausahaan. "Hal ini sejalan program prioritas pemerintah tahun depan, yang akan fokus membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas secara masif," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mewakili Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam Rakernas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) di Jakarta, Sabtu (9/12/2018).

Airlangga meminta Hipmi PT mencetak wirausaha pemula dari para anggotanya sebanyak satu juta orang. Hal ini guna memenuhi kebutuhan Indonesia sebanyak 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Sebab, saat ini, rasio wirausaha di dalam negeri masih sekitar 3,1% dari total populasi penduduk.

"Tolong dibuatkan short course atau workshop wirausaha di seluruh Indonesia. Buat target sampai satu juta orang. Kalau butuh fasilitasi, kasih tahu kami. Siapkan juga roadmap-nya," ungkap Airlangga.

Dia menjelaskan, modal besar Indonesia saat ini dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 adalah jumlah SDM. Apalagi, dengan adanya bonus demografi atau dominasi penduduk berusia produktif, yang potensinya akan dinikmati hingga 2030. [tar]

Komentar

x