Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 27 Maret 2019 | 06:49 WIB

Ini Cara Mendag Enggar Dorong Cinta Produk Lokal

Oleh : M Fadil Djailani | Minggu, 16 Desember 2018 | 13:45 WIB

Berita Terkait

Ini Cara Mendag Enggar Dorong Cinta Produk Lokal
(Foto: Inilahcom/Fadil Djailani)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Perdagangan beserta Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) bekerja sama dalam mengkampanyekan program Aku Cinta Produk Indonesia.

Kampanmye ini menggunakan sesi jalan santai Sarinah-Bundaran HI-Sarinah, Minggu (16/12/2018). Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu perayaan untuk mendorong produk Indonesia agar bisa bersaing dan berjaya di dalam negeri.

"Bisa dilihat untuk merefleksikan, kalau bukan kita siapa lagi yang mencintai, mengkonsumsi, dan bangga atas produk Indonesia karya anak bangsa sendiri," kata Enggar.

Politisi Partai Nasdem ini, menyebut agenda ini dilangsungkan di Komplek Sarinah lantaran gedung ini memiliki nilai sejarah dalam memperkenalkan berbagai produk ciptaan anak bangsa kepada pihak luar negeri.

"Sarinah ini menjadi acuan dari seluruh kerajinan dan produk indonesia, ke manapun dan dari manapun yang terbaik ada di Sarinah. Kami berharap direksi PT Sarinah (Persero) melakukan kurasi untuk memilah dan memilih produk untuk diperkenalkan kepada turis mancanegara," katanya.

Ketua Umum IWAPI, Nita Yudi mengatakan kecintaan dan kebanggaan terhadap produk-produk dalam negeri memiliki arti penting bagi perekonomian bangsa, pertumbuhan industri nasional, kapasitas produksi serta memperluas lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

Namun, upaya peningkatan penggunaan produk dalam negeri pada kenyataannya akan terus dibayang-bayangi oleh tingginya serbuan barang-barang impor yang datang dari luar negeri.

"Ini merupakan dampak yang tidak dapat dihindari dari implementasi berbagai perjanjian perdagangan bebas atau Free Trade Agreement (FTA) di tengah semangat penguatan daya saing industri dan pengamanan pasar produk dalam negeri," kata Nita.

Sementara Ketua Bidang Perdagangan DPP IWAPI mengatakan acara kampanye ini bertujuan untuk menggaungkan kembali kecintaan Masyarakat Indonesia atas produk Indonesia.

"Tentunya dengan cara selalu memakai produk Indonesia disetiap kesempatan dan untuk kembali mengoptimalkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri agar seluruh masyarakat dapat lebih memahami nilai-nilai luhur mengenai kesadaran dan kebanggaan untuk mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri dan manfaatnya terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa," katanya. [hid]

Komentar

x