Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Maret 2019 | 09:31 WIB

Pembangkit Listrik Masih Andalkan Batu Bara

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 18 Desember 2018 | 20:23 WIB

Berita Terkait

Pembangkit Listrik Masih Andalkan Batu Bara
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sektor batu bara masih memiliki peran penting pada pemenuhan sumber energi ke depan bagi Indonesia. Sektor kelistrikan masih menggantungkan pada batu bara.

"Dengan ketersediaan sumber daya alam melimpah dan harga terjangkau batu bara masih menjadi andalan. Kemudian listrik yang terjangkau dan andal akan menggerakkan ekonomi," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Sumber Daya Mineral Batubara dan Listrik, Boy Garibaldi Thohir dalam forum International Energy Agency Coal Forecast to 2023 di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Bahkan, pemanfaatan batu bara untuk kebutuhan dalam negeri khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) merupakan tulang punggung dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Namun tidak hanya di Indonesia, hal yang sana juga dirasakan negara-negara maju menyangkut sektor bauran energi.

Berdasarkan data United State Energy Information Administration, kata Boy, batu bara menjadi sumber pembangkit listrik terbesar kedua setelah gas di Amerika yakni 30%, kemudian di Jepang mencapai 30.4%, kemudian di Tiongkok mencapai 58%.

Batu bara juga berkontribusi dengan memberikan pemasukan terhadap negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak sebesar Rp40.6 triliun pada 2017.

Kemudian kegiatan pertambangan juga memberikan nilai penggandaan terhadap penciptaan lapangan kerja. Walaupun batubara Indonesia merupakan batu bara dengan thermal paling ramah lingkungan di dunia namun pemanfaatannya terus dikembangkan melalui teknologi terbaru.

"Contohnya teknologi superkritikal atau ultra superkritikal yang mampu mengurangi dampak emisi CO2 yang signifikan dan hemat bahan bakar," ujar dia. [hid]

Komentar

x