Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Januari 2019 | 10:55 WIB

Era Digital, OJK Targetkan DPK Bank Tumbuh 11%

Kamis, 20 Desember 2018 | 06:09 WIB

Berita Terkait

Era Digital, OJK Targetkan DPK Bank Tumbuh 11%
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Tahun depan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik simpanan perbankan atau Dana Pihak Ketiga melejit 11% secara tahunan (year on year/yoy). Ya, mudah-mudahan ada duitnya buat ditabung.

"Dari Rencana Bisnis Bank (RBB), DPK bank bisa tumbuh 11 persen, ada beberapa strategi yang disiapkan bank," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Berdasarkan RBB yang sudah disetorkan perbankan, Heru mengklaim, industri perbankan optimstis dengan penghimpunan dana. Berbeda dengan 2018, ketika pertumbuhan DPK cenderung melambat. Per November 2018, DPK baru tumbuh 7,19% (yoy), padahal kredit perbankan tumbuh agresif di 12,5% (yoy).

Heru mengatakan keyakinan perbankan itu karena saluran perbankan digital. Jaringan digital diyakini perbankan akan memberikan kemudahan yang akan menarik nasabah untuk menyimpan dananya di bank.

Selain digitalisasi perbankan, Heru menambahkan, perbankan juga akan menikmati manfaat dari penerapan peraturan yang mewajibkan eksportir menyimpan Devisa Hasil Ekspor (DHE) bidang pertambangan, mineral, dan batubara di dalam negeri. "Bank tampak menyambut optimistis soal itu," kata Heru.

Dengan perkiraan pertumbuhan DPK di 11% (yoy), industri perbankan menargetkan kredit akan tumbuh di kisaran 12%-13% (yoy) pada 2019. Adapun untuk tahun ini, OJK meyakini pertumbuhan kredit perbankan berpeluang di atas 12% (yoy). [tar]

Komentar

x