Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Februari 2019 | 23:03 WIB

Sah, Blok South Jambi B Sah Dikelola Hong Kong

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 21 Desember 2018 | 02:29 WIB

Berita Terkait

Sah, Blok South Jambi B Sah Dikelola Hong Kong
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian ESDM resmi menyerahkan Wilayah Kerja (WK) South Jambi B kepada kontraktor Jindi South Jambi B Co Ltd dengan kontrak gross split, atau bagi hasil.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar mengatakan, WK ini merupakan hasil Penawaran WK Migas Tahap II Tahun 2018. Adapun bonus tanda tangan atau signatur bonus blok senilai US$5 juta dan komitmen kerja pasti (KKP) senilai US$60 juta.

"Dari sisi KKP dapat 60 juta dolar, atau dekat dekat Rp 900 miliar. Signatur bonus 5 juta dolar," kata Archandra pada saat menyaksikan tanda tangan kontrak WK South Jambi B di kantornya, Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Archandra merincikan, dalam proposal perusahaan asal hongkong ini dalam 5 tahun pertama akan melakukan Komitmen Kerja Pasti dari Kontrak ini adalah Study G&G (geo fisika dan geologi); Seismik 2D 300 km; Seismic 3D 400 km2; dan 3 sumur eksplorasi.

"Kami berharap apa yang dijanjikan dalam proposal itu bisa terlaksana dengan harapan kita semua. Dengan KKP gak bisa dipenuhi maka uang tersebut akan disetorkan kepada pemerintah. Itu uang yang sudah milik pemerintah tapi digunakan untuk kegiatan eksplorasi. Baik di South Jambi B atau di Open Area," kata dia.

Adapun WK South Jambi B saat ini masih dioperasikan oleh ConocoPhilips (South Jambi) B yang akan berkahir kontraknya pada tanggal 25 Januari 2020, sehingga Kontrak Kerja Sama dari Jindi South Jambi B Co Ltd. Untuk WK South Jambi B ini akan berlaku efektif pada tanggal 26 Januari 2020 dan jangka waktu kontrak selama 20 (dua puluh) tahun. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x