Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Januari 2019 | 11:06 WIB

Pembangunan Mapolda NAD

Kemenkeu Belum Bayar PT Elva Primandiri

Oleh : Latihono Sutantyo | Jumat, 21 Desember 2018 | 18:55 WIB

Berita Terkait

Kemenkeu Belum Bayar PT Elva Primandiri
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Keuangan hingga kini belum juga membayar kepada PT Elva Primandiri uang senilai Rp32,7 miliar terkait pembangunan Mapolda Nangroe Aceh Darussalam (NAD).

"Tagihan pembangunan Mapolda NAD II, sudah berjalan sekitar 10 tahun, hingga kini pihak Kementerian Keuangan belum juga membayar kewajibannya kepada pihak kontraktor. Padahal gedung yang berdiri megah, sudah selesai dibangun pada tahun 2007," ujar H Raditya Yosodiningrat, SH, kuasa hukum PT Elva Primandiri di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (20/12/2018).

Raditya mengatakan, PT Elva Primandiri sudah beberapa kali menagih uang pembangunan Gedung Mapolda NAD II ke Kementerian Keuangan. Namun selama itu pula, jawaban yang diberikan tidak memuaskan.

Akibat belum ada pembayaran ini, para suplier dan pihak perbankan yang ikut membiayai pembangunan Mapolda NAD terus menagih kepada PT Elva Primandiri.

Hari Kamis (20/12/2018), sedianya Menteri Keuangan Sri Mulyani diminta datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur untuk pertemuan annmaning (teguran), tapi untuk ketiga kalinya perwakilan Kementerian Keuangan tidak datang.

Sebelumnya, putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur dengan nomor perkara 582/Pdt.G/2011/PN. Jkt.Tim yang menghukum Kementerian Keuangan, dahulu bernama Satuan Kerja Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi (BRR) NAD-Nias (tergugat I), dan Polri (tergugat II) secara tanggung renteng membayar kewajibannya kepada PT Elva Primandiri sebesar Rp32.768.097.081.

Putusan ini kemudian diperkuat dengan terbitnya putusan Pengadilan Tinggi Jakarta nomor perkara 527/PDT/2013/PT.DKI dan terbitnya putusan Kasasi Mahkamah Agung (MA) nomor 2483 K/PDT/2014.[lat]

Komentar

x