Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 21 Januari 2019 | 22:06 WIB

Survei Kalibrr: 2 BUMN Ini Paling Diincar Milenial

Kamis, 27 Desember 2018 | 02:09 WIB

Berita Terkait

Survei Kalibrr: 2 BUMN Ini Paling Diincar Milenial
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sejumlah BUMN cukup diminati pencari kerja dari generasi milenial, khususnya kalangan perempuan. Kenapa perempuan? Perempuan Indonesia yang menjadi bos di perusahaan, jumlahnya makin banyak.

Berdasarkan riset Kalibrr (kalibrr.id), papar Co-Founder Kalibrr Indonesia Paul Rivera, perusahaan teknologi dalam bidang rekrutmen, terhadap 500 profesional milenial (20-30 tahun) di Indonesia, ada fenomena menarik. Di mana, sebanyak 56% wanita dan 44% pria berlatar belakang IT, memilih PT Telkom (Persero) Tbk, sebagai perusahaan yang paling menarik sebagai tempat. Disusul Google, Gojek dan Tokopedia.

Sedangkan untuk kandidat berlatar belakang non-IT, PT Pertamina (Persero), menjadi incaran utama pria untuk meniti karir. Sementara untuk wanita, Google memiliki daya tarik paling kuat bagi kaum hawa milennial.

Selain itu, pencari kerja milenial selalu mencari tahu lebih dalam tentang kehidupan di perusahaan yang didambakannya. Sebanyak 4 dari 5 perempuan senang mengulik informasi mengenai nilai, budaya, dan jaringan internasional perusahaan. Sedangkan pria lebih tertarik dengan peluang jenjang karir dan kesempatan menambah pengetahuan untuk berkembang.

Bagaimana dengan besaran gaji? Memang tetap menjadi pertimbangan para kandidat milennial, namun bukan segalanya. Ada pertimbangan progres karir serta lingkungan kerja yang kolaboratif serta dapat saling mendukung antar tim.

Pria cenderung memikirkan sebuah perusahaan untuk dapat dijadikan batu loncatan karir yang lebih baik serta sarana untuk pengembangan diri. Di lain pihak, wanita lebih melirik perusahaan yang memberikan pengaturan kerja yang fleksibel.

Kalibrr menggandeng Monica Oudang, selaku Chief of Human Resources Officer Go-Jek untuk membawakan career class bertemakan The Career Advice You Never Got. Kata Monica, untuk menjadi perempuan yang sukses dalam berkarir, tidaklah cukup jika hanya menjadi baik. Namun harus cerdas, inovatif, dan selalu siap untuk mengambil tantangan baru.

Ibu dua orang anak ini mengatakan, salah satu cara untuk menjadi sukses adalah dengan mencintai diri sendiri. "Dengan mencintai diri sendiri, akan lebih mengetahui siapa diri kita, mengetahui apa passion yang dimiliki. Dari situlah bisa lebih mudah mengembangkan diri, mencintai apa yang dikerjakan, dan akhirnya bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya," papar Monica.

Eh iya, kembali ke soal survei pekerja profesional perempuan yang minlenial, riset Grant Thornton pada 2017, menyebutkan, Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai peningkatan tertinggi dalam hal jumlah perempuan yang menduduki posisi senior di perusahaan. Pertumbuhannya mencapai 24% pada 2016, naik lagi menjadi 28% pada 2017.

"Dengan berpartisipasi dalam acara Resonation, Kalibrr berharap dapat terus memajukan dan membantu perempuan Indonesia agar dapat selalu dilibatkan dan diakui sebagai salah satu kontributor penting dalam setiap perusahaan. Dan tak lupa memberikan dukungan bagi perempuan Indonesia untuk tidak pernah menyerah dalam mengejar karir suksesnya," pungkas Paul. [tar]

Komentar

Embed Widget
x