Find and Follow Us

Selasa, 18 Juni 2019 | 13:11 WIB

DPR Minta Area Bekas Tambang Jadi Obyek Wisata

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 27 Desember 2018 | 08:05 WIB
DPR Minta Area Bekas Tambang Jadi Obyek Wisata
Anggota Komisi VII DPR RI, Peggi Patricia Pattipi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jambi - Komisi VII DPR RI meminta pemerintahan Provinsi Jambi dan PT Nan Riang yang terletak di Kabupaten Batanghari agar segera menjadikan areal bekas tambang batu bara sebagai salah satu destinasi wisata.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi VII DPR RI, Peggi Patricia Pattipi setelah melakukan peninjauan langsung ke areal tambang milik PT Nan Riang dalam rangka Kunjungan Kerja Reses Komisi VII DPR RI ke Provinsi Jambi. PT Nan Riang yang terletak di Kabupaten Batanghari, kontrak kerjanya dalam kurun waktu empat tahun ke depan akan berakhir.

"Kita melihat lokasi perusahaan tambang tersebut ada potensi wisata dari lubang-lubang bekas galian tambang batubara. Untuk itu pemerintah daerah setempat, provinsi maupun kabupaten agar bekerjasama dengan PT. Nan Riang untuk menjadikannya daerah wisata, sebelum perusahaan tersebut selesai masa kontraknya di Indonesia," pinta Peggi seperti mengutip dpr.go.id.

Dengan dibangunnya objek wisata di atas lahan bekas tambang, legislator Partai Kebangkitan Bangsa itu meyakini akan mampu menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Batanghari. "Pariwisata di Batanghari bisa tumbuh dan tentu menambah income untuk membangun daerah sendiri," tambah Peggi.

Bila bekerjasama dengan PT Nan Riang, bisa diwujudkan, pemerintah tidak perlu menyisihkan atau menganggarkan melalui APBD untuk membangun daerah wisata. Bila dimulai dari sekarang, maka empat tahun lagi bertepatan dengan selesainya masa kontrak perusahaan tersebut, daerah wisata pasca tambang pun sudah siap dan bisa berjalan dengan baik.

PT Nan Riang sendiri mengakui secara serius menjalankan kegiatan pasca tambang. Terbukti, sudah ditanamnya pohon-pohon produktif, pohon-pohon keras, pohon durian, rambutan serta buah-buahan lainnya di areal pertambangan. Di beberapa titik, yang tadinya gersang mulai didatangi burung-burung dan satwa lainnya.

Komentar

Embed Widget
x